LIGA INTERNASIONAL
Ronaldo Tak Bakal Dapat Ballon d’Or 2019, Ini Tiga Faktor Penyebabnya
23 June 2019 21:05 WIB
berita
Cristiano Ronaldo berfoto bersama lima trofi Ballon d'Or yang pernah diraihnya. -TopSkor.Id/Istimewa-
TURIN – Sepak bola bukan soal persaingan antar tim atau prestasi tim semata. Ada pula persaingan antarpemain dan prestasi individual yang dikejar. Ini soal Cristiano Ronaldo yang diprediksi tidak akan dapat trofi Ballon d’Or, lambang supremasi tertinggi yang bisa dicapai seorang pemain.

Pada 2018, trofi ini jadi milik Luka Modric. Lalu, persaingan untuk 2019 pun sudah dimulai meski pengumumannya baru tahun depan. Ronaldo yang biasanya termasuk kandidat terkuat kini mulai melemah levelnya. Tahun lalu tidak dan begitu juga untuk 2019. Setidaknya ada tiga faktor yang membuat Ronaldo tak lagi jadi kandidat.


Baca Juga :
- Dzeko Bisa ke Inter jika Syarat Ini Terpenuhi, Tak Jadi pun Tak Masalah
- Ogah Terpecah Konsentrasi, Pemain PSM dan Persija Stabilkan Emosi




Pertama, jumlah kompetitornya meningkat pesat. Kini, Ronaldo tak lagi bersaing dengan Lionel Messi semata. Tapi, ada nama-nama macam Virgil Van Dijk, Eden Hazard, Sadio Mane, Raheem Sterling, dan Mohamed Salah. Mereka punya peluang yang jauh lebih bagus daripada Ronaldo.

Kedua, Ronaldo gagal mengukir prestasi di level Eropa. Utamanya di Liga Champions. Soalnya, itu jadi satu-satunya kesempatan untuk membuka peluang besar untuk bisa kembali bersaing demi meraih Ballon d’Or. Liga Champions lepas dan posisinya pun dipastikan merosot.


Baca Juga :
- Munafri Siapkan Bonus Istimewa jika PSM Juara
- Jojo Lolos Dua Set Saja ke Perempat Final tapi Ginting Ketemu Momota, Bahaya!


Ketiga, statistik individualnya pun sangat tidak mendukung. Contoh, di ajang Seri A, Ronaldo hanya mencetak 21 gol. Itu bahkan tak tembus ke posisi tiga besar. Bandingkan dengan Messi yang di La Liga saja punya 36 gol atau 15 gol lebih banyak darinya. Merosotnya raihan gol Ronaldo pasti berdampak pada Juventus.*

D
Penulis
Dedhi Purnomo
BarC4!
news