news
LIGA SPANYOL
Neto ke Barca, Cillessen ke Valencia
19 June 2019 11:40 WIB
berita
Jasper Cillessen dan Norberto Neto berpeluang tukaran klub musim depan.-Topskor/ist
VALENCIA – Isu soal kerja sama antara Valencia CF dan FC Barcelona yang belakangan beredar di berbagai media Spanyol rupanya bukan hanya isapan jempol semata. RAC1 memberitakan bahwa sudah terjadi pertemuan antara kedua klub pada Senin (17/6). Pembicaraan dilakukan dengan topik utama negosiasi pertukaran kiper.

Valencia mengirim langsung Direktur Umum, Mateu Alemany, ke Barcelona untuk bisa berbincang dengan para petinggi Barca. Sebelumnya pelatih Los Che –julukan Valencia– memang meminta seluruh elemen di tim bergerak cepat untuk memperkuat tim dan salah satunya adalah memperbaharui penjaga gawang.




Baca Juga :
- El Clasico Sama Kuat
- Courtois Sensasional




Operasi yang akan dirampungkan adalah menukar Norberto Neto dengan Jasper Cillessen. Pada prinsipnya, kedua portero ini dihargai oleh tiap klub dengan 25 juta euro (sekitar Rp417,9 miliar) sehingg tidak ada biaya yang mesti dikeluarkan untuk memindahkannya. Nilai jual mereka menurut transfermarkt pun sama 18 juta euro.

Sejatinya Neto adalah kiper utama Los Che. Namun di akhir musim lalu mulai terlihat bahwa pelatih tak lagi mengandalkan jasanya. Seolah ada kekecewaan usai keok di semifinal Liga Europa dengan agregat 3-7 dari Arsenal FC. Setelahnya ia dicadangkan di dua duel akhir La Liga dan bukan jadi andalan di Piala Raja saat tim berhasil juara.


Baca Juga :
- Resital Odegaard, Mampu “membungkam” De Jong dan Messi
- Messi Berharap Bertemu Madrid yang Kuat


Valencia pun punya keuntungan finansial tersendiri dengan melepas penjaga gawang asal Brasil itu. Mereka akan terhindar dari bayaran tambahan dua juta euro ke Juventus FC setelah semusim lalu merekrutnya dengan 7 juta euro. Artinya kebutuhan dana yang diperlukan tim sebelum 30 Juni (kisaran 25 hingga 30 juta) akan berkurang.

Bagi Neto, pertukaran ini memberinya lompatan ke klub yang lebih besar dan adaa pula kenaikan gaji sebagai poin positif. Tapi tentu saja ia akan kehilangan banyak waktu main sebab Los Azulgrana –julukan Barca– punya Marc-Andre Ter Stegen sebagai kiper utamanya.

Sementara bagi Cillessen, ia akan kehilangan sejumlah uang yang biasanya diberikan Barca. Namun portero tim nasional Belanda ini bisa mendapatkan waktu tampil yang sangat diinginkannya di Los Che. Ia pun kemungkinan bakal dapat kontrak yang lebih panjang.

Pemain Lain

Pertukaran kiper bukan jadi satu-satunya pembahasan pada pertemuan yang telah dilakukan kedua klub. Ada pemain lain yang dibahas dan pihak Barca cenderung lebih aktif. Mereka menawarkan Rafinha Alcantara yang sepanjang musim lalu tak bisa bermain karena cedera. Valencia pun kurang tertarik karena permasalahan fisiknya itu.

Meski begitu respon yang mereka berikan berbeda untuk Denis Suarez, yang belakangan kabarnya memang diminati oleh Marcelino. Gelandang 25 tahun itu sendiri talah menyatakan niatnya untuk meninggalkan Los Azulgrana demi waktu main yang lebih banyak. Los Che punya kans besar sebab yang ia mau tetap merumput di La Liga.* TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

ANGKA

3: Neto dan Cillessen sejatinya memiliki umur yang sama sebab hanya terpaut tiga bulan. Neto akan berusia 30 tahun pada 19 Juli menyusul Cillessen yang sudah duluan di 22 April.

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news