news
LIGA TOPSKOR
TopSkor Indonesia Cari Pemain Berkarakter
17 June 2019 07:01 WIB
berita
Pelatih TopSkor Indonesia Yunus Muchtar (kiri) memberi arahan kepada pemain seleksi gelombang pertama. Foto TopSkor/Ady Sesotya
BOGOR - Seleksi gelombang pertama tim TopSkor Indonesia (TSI) goes to Gothia Cup Cina 2019 berlangsung penuh gairah dan keakraban di lapangan Universitas Trisakti, Ciangsana, Bogor, Sabtu (15/6) dan Minggu (16/6). Semua peserta berlomba memperlihatkan permainan terbaik.

Dalam latihan hari pertama, tim pelatih yang dikepalai Yunus Muchtar, langsung fokus melihat atribute dari setiap pemain dalam internal gim. Pemain dibebaskan untuk mengeluarkan semua kemampuan yang dimiliki.




Baca Juga :
- Preview Liga TopSkor U-12 Pekan Ketiga; Utamakan Respek
- Maudy Koesnaedi Bantu sang Anak Gagalkan Penalti Lawan




Meski berasal dari berbagai sekolah sepak bola (SSB), mereka tetap memperlihatkan permainan kolektif ketika disatukan ke dalam tim. Tidak ada pemain yang ingin menonjol sendiri, karena pemain seperti itu dikatakan Yunus hanya akan merusak permainan tim.

Meskipun baru kali pertama bermain bersama, kekompakan sudah terjalin apik. Tinggal stamina yang belum terlihat maksimal lantaran para pemain baru kembali berlatih seusai libur Lebaran.


Baca Juga :
- Profil Pemain Terbaik Liga TopSkor U-12: Fauzan Ingin seperti Sani Rizki
- Ulasan Pekan Kedua Grup Skor Liga TopSkor U-12


“Gambaran singkat saya, kualitas pemain seleksi ini cukup merata. Perbedaan satu pemain dengan lainnya tipis,” kata Yunus. “Saya optimistis, tim TSI angkatan 2005 ini tidak akan kalah dari kakak-kakaknya di 2003 dan 2004.”

Dalam seleksi pertama ini, memang belum banyak materi yang diberikan. Tim pelatih hanya fokus dalam melihat kualitas passing dan kontrol bola serta kecerdasan pemain ketika menghadapi tekanan termasuk penjaga gawang.

Yunus mengatakan, dalam dua hari seleksi gelombang pertama ini, ia sudah mengantongi sejumlah pemain yang dirasa cocok dan sesuai kriteria yang dibutuhkan tim TSI. Terpenting, kata Yunus, pemain tersebut punya kemauan dan tekad kuat untuk terus berkembang serta memiliki mentalitas tidak mudah menyerah.

Skill dan teknik bermain bisa diasah dan dipelajari. Tapi tidak banyak pemain yang punya kemauan bekerja keras, disiplin, dan pantang menyerah. Saya suka tipikal pemain seperti itu,” Yunus melanjutkan.

Yunus pun berharap, kualitas pemain dalam seleksi gelombang kedua yang digelar hari ini (17/6) dan besok (18/6), lebih bervariatif dan memiliki karakter kuat. Artinya, ketika dalam menentukan pemain mana saja yang akan melanjutkan ke seleksi berikutnya, dirinya akan lebih mudah.

“Pastinya kalau pemain itu punya kelebihan dan karakter kuat yang berbeda dari pemain lainnya,  itu bisa menjadi nilai lebih bagi kami tim pelatih. Tapi ini masih proses seleksi, pemainnya masih banyak, sulit juga bagi kami tim pelatih melihat secara detail kelebihan dan kekurangan dari setiap pemain,” kata Yunus.

Sementara itu, Direktur Liga TopSkor M Yusuf Kurniawan berpesan kepada peserta seleksi untuk bersaing secara sehat. Bagi yang terpilih jangan merasa puas dan berpikir sudah mencapai target. Sebaliknya bagi yang tidak terpilih jangan bekecil hati.

“Kalian yang tidak terpilih nanti bukan berarti kemampuan kalian di bawah pemain lain. Tim pelatih tadi (kemarin) mengakui kesulitan memilih pemain untuk TSI karena kalian bagus-bagus. Maka itu maksimalkan kesempatan berharga ini sebaik-baiknya,” kata pria yang biasa disapa Yuke tersebut.* FURQON AL FAUZI

 

Daftar Pemain Seleksi TSI 2019

Jadwal Sabtu (15/6) dan Minggu (16/6)

Kiper: Zahwan Ardi (Ragunan SS ), Febriansyah (ISA), Raufa (UNI Bandung)

Belakang: Mukti Arya (ASIOP), M Revansyah (Kabomania), Lazuardi Ilham (RMD), M. Farhan (RMD), Prajesa Abiyu (Asia FS), Muhammad Tezar (ASIOP), Sadewa (Tunas Cileungsi), M Fiqih (Tajimalela), Randy Malik (Akademi Persib),Ryan Zakaria (Swasco), Riztan (Galuh Putra), Akbar Sobar (Bionsa)

Tengah: Muhammad Rizki (ISA), Nathaniel (Asia FS), Dzakwan R (Kabomania), Karno Febrianto (Buperta), Ilham Nur Rohim (ISA), Milan Kaka (Benteng Muda), Deni (Kartabraja), Firman (Swasco), Farrel (St. Prima)

Depan: Bagas Prayoga (Asia FS), Adrian Irfansyah (TMP SoccerOne), Aditia R (Kabomania), Muhammad Faiz (Petrostream), Qheiza Zhidan (RMD), Malik Kaldi (Matador Mekarsari), Abdul Jabar (Karta Braja), Satria (UNI), Bani Satriani (UNI)

 

Jadwal Senin (17/6) dan Selasa (18/6)

Kiper: Muhammad Derryl (Asia FS), Ammar Wirrahman (Salfas Soccer), Luthfi A (Petrostream)

Belakang: Imam (ISA), M Abdul (Kabomania), Yoga (Tajimalela FA), Bintang Ramadhan (Villa 2000), Dzaki Nur R (Kabomania), Muhammad Arka (Villa 2000), Ghali (Siaga Pratama), Satrio W (Putra Selatan), Ilham R (Citeureup Raya), Rayhan (Buperta), Nico (Petrostream), Samuel D (Asia FS), Fauziansyah (Matador), M.Fadli (ISA), Azriel (Bina Taruna)

Tengah: Ray Raffa (ASIOP), Meshal Hamzah (ASIOP), Afkar Rosyid (RMD), Raditya (Matador), Ubaydillah (Tunas Cileungsi), Rayhan H. (ISA), Doni Pamungkas (Bina Taruna), Reyki Fariz (RMD), Ikhsan U (Putra Selatan), Ahmad Syauki (Salfas Soccer), Adhan (Siaga Pratama), M. Andhika (Kabomania), Rafi Yuana (Siaga Pratama), Niko R (Villa 2000), M.Taufikul (Kabomania), Dzaky (Astam)

Depan: Bima P. (Kabomania), Aqbala (Matador), Rivaldo (Citeureup Raya), Noval (Citeureup Raya), Pradipa Raihan (ASIOP), Rizaldi Putra (ISA), Rangga Jaya (BJS), Odillo (ASIOP), Erdiyansyah (RMD), Shafa J (Astam) , Alfikri S. (Petrostream), Rifki S. (Siaga Pratama)

 

 

 

 

loading...
R
Penulis
Rizki Haerullah
news
news