ONE CHAMPIONSHIP
Petarung MMA Indonesia & Hari Donor Darah Sedunia
15 June 2019 15:23 WIB
berita
JAKARTA - 14 Juni diperingati sebagai Hari Donor Darah Sedunia, seperti yang telah ditentukan dalam sebuah konvensi tingkat dunia pada tahun 2005.

Peringatan ini awalnya ditujukan untuk menarik sukarelawan baru dalam mendonorkan darah, selain memberikan penghargaan bagi seluruh pendonor darah di seluruh dunia yang secara rutin mendonorkan darahnya setiap tiga bulan sekali.


Baca Juga :
- ONE Championship Siap Selenggarakan Turnamen eSports, Ini Gim yang Dipertandingkan!
- Dua Juara Dunia Berlaga di Filipina, Petarung Indonesia Juga Ada




Hari Donor Darah Sedunia dipilih pada tanggal tersebut karena bertepatan dengan hari lahir Karl Landsteiner, seorang pemenang hadiah Nobel yang menemukan sistem golongan darah ABO.

Dalam konteks ini, Hari Donor Darah Sedunia pun mendapat sorotan dari dua atlet mixed martial arts (MMA) asal Indonesia, yaitu Stefer “The Lion” Rahardian dan Angelo “The Unicorn King” Bimoadji. Berlaga di divisi strawweight, Stefer ternyata pernah menjadi seorang donor darah. Ia berbagi sedikit tentang pengalamannya saat itu.


Baca Juga :
- Taklukkan Petarung Cina, Papua Badboy Ini Harap Obati Duka Korban Gempa Maluku
- Petarung Ini Dibilang Gila, Ditendang Kepalanya Tak Terasa Sakit


“Saya pernah mempunyai pengalaman mendonorkan darah. Menurut saya, ini adalah sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan, karena kita dapat membantu sesama melalui darah sehat yang kita donasikan untuk yang membutuhkan,” kata atlet yang tergabung di Bali MMA ini.

“Melalui pengalaman tersebut, saya merasa lebih menghargai diri dan kesehatan saya sendiri dengan baik, agar bisa membantu orang yang membutuhkan.”

Walaupun ia tidak mengatakan kapan ia terakhir mendonorkan darah, Stefer menyebutkan pentingnya melakukan hal ini demi membantu kelangsungan kehidupan orang lain.

Lain halnya dengan Angelo Bimoadji, atlet ONE yang berlaga dalam divisi flyweight. Ia berbagi pengalaman dan semangat yang sama lebih karena mengikuti jejak ayahnya. Petarung Indonesia yang baru saja memenangkan sebuah pertandingan di ajang ONE: FOR HONOR ini pun mengatakan bahwa ini adalah sesuatu yang ia sukai.

“Saya pernah ikut donor darah sekali, karena ayah saya juga kebetulan suka mendonorkan darah,” katanya ketika dihubungi.

“Menurut saya, donor darah itu penting karena bisa membersihkan sistem darah di tubuh kita. Lalu, donor darah juga sebuah kegiatan amal yang nyata.”

Ia pun mengatakan bahwa kegiatan ini tidak akan membuang waktu dan tenaga siapapun, karena darah yang didonasikan akan digunakan sesuai dengan kebutuhan yang ada.

“Darah kita tidak mubazir karena sudah pasti masuk di PMI dan disimpan untuk digunakan bagi yang membutuhkan,” kata atlet yang tergabung dalam IndoGym ini.

Bagi mereka yang takut akan jarum, “The Unicorn King” mengatakan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena proses ini lebih cepat dan tidak menyakitkan seperti ketika seseorang harus menjalani perawatan dengan infus. Atlet yang mengalahkan “Black Ant” Guntur ini juga mendorong mereka yang memiliki kesehatan prima dan waktu lebih untuk berdonor darah, karena dapat menggantikan kegiatan amal yang membutuhkan dana besar, contohnya.

“Kalau kalian belum bisa melakukan aksi charity atau amal, donor darah sangat baik untuk dilakukan,” lanjutnya.

“Donor darah adalah kegiatan yang penting. Jadikanlah donor darah sebuah media untuk beramal. It's for a good cause, to help others in need.”*

news
Penulis
Suryansyah
news