FORMULA 1
Ironis! Prinsipal Ferrari Sebut SF90 Belum Meningkat Signifikan
15 June 2019 13:36 WIB
berita
Mattia Binotto menganggap hasil di Kanada bukan acuan.
MARANELLO – Prinsipal Scuderia Ferrari Mission Winnow Mattia Binotto mengatakan apa yang diperlihatkan SF90 di Sirkuit Montreal, Kanada, Minggu (9/6), tak mengubah apa pun. Ia menegaskan, mobil masih memiliki masalah serupa dengan lomba-lomba sebelumnya.

Pembalap Ferrari Sebastian Vettel memberi harapan besar kepada fan saat meraih pole position di Grand Prix (GP) Kanada. Pasalnya, pada enam lomba awal, mereka benar-benar kesulitan. Binotto pun tak ingin berpuas diri karena masih ragu dengan kinerja SF90.


Baca Juga :
- Tunjukkan Perbaikan, Verstappen Tak Pernah Gagal Finis
- Verstappen Yakin Penuhi Target Red Bull di F1 2019




“Sejak awal kami menyadari jika mesin tahun ini akan bekerja dengan baik di Montreal, disbanding di Barcelona. Tingkat kehausan ban juga tidak terlalu besar daripada di Spanyol. Jadi, kami bisa lebih dekat dengan Mercedes,” katanya via Speedweek.com.

Ferrari telah membawa pengembangan mesin terbaru di Sirkuit Barcelona tapi itu tak berdampak besar. Pasalnya, Vettel dan Charles Leclerc masih kesulitan saat ada di tikungan berkecepatan rendah. Namun, di Montreal, masalah daya cengkeram sedikit terselesaikan.


Baca Juga :
- Janji Mercedes di F1 GP Hungaria
- Charles Leclerc Tercepat Sesi Latihan Ketiga di Sirkuit Hockenheimring


“Pekerjaan yang bagus sepanjang akhir pekan membuat kami memiliki lomba kuat dan menutupi kelemahan. Tapi, di Kanada, tak ada yang berubah. Masalah yang kami miliki di Spanyol masih ada. Kami belum melakukan peningkatan besar,” ujar Binotto.

Ban masih jadi salah satu faktor yang membuat SF90 tak dapat mengeluarkan potensi sebenarnya. Meski di Kanada Vettel mengaku punya daya cengkeram lebih baik. Namun, Binotto menyebut tim masih perlu bekerja keras agar ban bekerja baik sejak awal.

“Jelas, mobil tak terlalu baik dengan ban Pirelli terbaru. Tahun lalu, tantangan terbesarnya adalah tidak membuat ban terlalu panas. Sekarang, kami justru kesulitan membuat ban memilki level suhu yang tepat. Tapi, masalah kami bukan hanya satu,” kata Binotto.

Soal insiden di Kanada, Binotto mengklaim timnya pantas meraih kemenangan. “Saya ingat ada beberapa kejadian semacam itu dan pengawas lomba memberi keputusan yang sedikit berbeda. Itu sedikit menyakitkan karena kami seharus menang,” ia menambahkan.

Tambahan waktu lima detik berawal dari aksi Vettel yang diduga memotong jalur saat kembali dari melebar. Ferrari pun dikabarkan bakal mengajukan banding tapi hal itu dibantah oleh juru bicara pabrikan asal Italia tersebut.*MUHAMAD FADLI RAMADAN

 

L
Penulis
Lily Indriyani Sukmawati
news