LIGA INGGRIS
Kompetisi Belum Mulai, Liverpool Siap Pertahankan Rekor
14 June 2019 14:47 WIB
berita
Liverpool sulit dikalahkan jika bermain di Anfield/Istimewa
LIVERPOOL - Jadwal Liga Primer 2019/20 sudah dirilis. Salah satunya berisi laga pertama yang mempertemukan runner-up musim lalu, Liverpool FC, yang akan menjamu Norwich City FC di Stadion Anfiled, 10 Agustus mendatang.

Duel melawan jawara Championship (Divisi Dua Inggris) musim lalu ini jadi uji konsistensi bagi The Reds, khususnya bagi Juergen Klopp. Pelatih asal Jerman itu akan menjalani musim kelima bersama Liverpool sejak tiba di Anfield pada 8 Oktober 2015.




Baca Juga :
- Low Block Jadi Penyebab Liverpool Gagal Menang di Old Trafford
- Solskjaer Ungkapkan Bintang Manchester United yang Terbaik Melawan Liverpool




Dalam laga pembuka Liga Primer tiga musim terakhir, tepatnya sejak Klopp bergabung, The Reds tidak pernah kalah. Rinciannya, dua kali menang dan sekali seri. Karena itu, menarik untuk ditunggu apakah Liverpool mampu melanjutkan tren impresif itu saat melawan Norwich nanti.

Di atas kertas, Liverpool yang juga kampiun Liga Champions, tentu lebih diunggulkan atas Norwich yang hanya jawara kompetisi kasta kedua Inggris. Ditambah, duel perdana Liga Primer bagi kedua tim nanti akan berlangsung di Anfield, kandang Liverpool.


Baca Juga :
- Sheffield Siapkan Serangan Balik
- Perjudian Pelatih Everton Membuahkan Hasil


Dalam beberapa tahun terakhir, stadion berkapasitas 54.074 kursi itu sangat bersahabat bagi fan tuan rumah sekaligus neraka bagi lawan-lawan Liverpool. Terbukti, The Reds belum pernah kalah di kandangnya sejak 23 April 2017. Tepatnya saat takluk 1-2 dari Crystal Palace pada pekan ke-36 Liga Primer 2017/18.

Sejak saat itu, Liverpool tidak terkalahkan dalam 40 laga di semua ajang. The Reds pun kini hanya kalah dari Chelsea FC yang tidak terkalahkan di kandang hingga 86 kali pada periode 21 Februari 2004 sampai 26 Oktober 2008.

Keangkeran Anfield juga diakui Mikel Arteta. Mantan gelandang tengah Arsenal FC yang kini menjadi asisten pelatih Manchester City itu menilai, stadion yang dibangun dan mulai dipakai pada 1884 itu memang memiliki atmosfer berbeda.

“Sepanjang karier saya, Anfield selalu menjadi tempat yang sangat sulit. Saya harus merasakan gawang kami kebobolan hingga lima kali,” kata Arteta mengenang kekalahan Arsenal dari Liverpool, 1-5, pada 8 Februari 2014.

Pernyataan pria asal Spanyol itu bukan tanpa alasan. Musim lalu, publik Anfield tidak pernah pulang tertunduk dalam 19 pertandingan di Liga Primer. Liverpool mencatat 17 kemenangan dan dua imbang saat menjamu lawan-lawannya di Liga Primer 2018/19.

Anfield juga berperan besar menentukan langkah Liverpool merebut trofi Liga Champions. The Reds sempat diprediksi bakal tersingkir di semifinal usai dihantam FC Barcelona di kandangnya, Camp Nou, 0-3, 1 Mei lalu. Namun, sepekan kemudian, The Reds mampu melakukan comeback dengan memukul Lionel Messi dan kawan-kawan hingga empat gol tanpa balas! Liverpool pun melaju ke final dengan keunggulan agregat 4-3 yang berujung juara usai mengandaskan perlawanan Tottenham Hotspur, 2-0, di Madrid, Spanyol.*CHOIRUL HUDA

I
Penulis
I Gede Ardy E