INFOGRAFIS
INFOGRAFIS: Pemain Muda Persib Aman
12 June 2019 11:45 WIB
berita
Bek Muda Persib Indra Mustafa/Foto: Ady Sesotya
BANDUNG – Hanya Fabiano Beltrame satu-satunya pemain utama Persib Bandung yang dipinjamkan ke Persib B pada kompetisi Liga 2 2019. Secara regulasi dari operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB), Fabiano, sapaan bek 36 tahun itu, masih memungkinkan untuk dipinjamkan ke klub satelit Persib tersebut.

Sebab, pemain yang masih menunggu proses naturalisasi itu belum didaftarkan oleh PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) kepada PT LIB. Sementara, pendaftaran untuk Liga 1 sudah ditutup. “Itu juga jadi alasan kami meminjamkan Fabiano ke tim Persib B,” ujar Teddy Tjahjono, Direktur PT PBB, Selasa (11/6).


Baca Juga :
- Alasan Robert Alberts Kenapa Persib Kalah dari PSM
- Update Klasemen Liga 1 2019 Usai Persib Kalah dari PSM




Sementara itu, beberapa pemain muda di Tim Maung Bandung saat ini masih aman hingga putaran pertama berakhir. Artinya, segudang pemain muda di bawah asuhan pelatih Robert Rene Alberts belum ada opsi dilepas maupun dipinjamkan ke Persib B.

Sebut saja di antaranya gelandang Beckham Putra Nugraha dan bek Indra Mustafa, dua pemain alumni Diklat Persib yang sudah pernah merasakan bermain bersama Persib senior. Termasuk juga gelandang serang Gian Zola Nugraha dan penyerang Muhammad Wildan Ramdani.


Baca Juga :
- Di Makassar, Robert Rene Alberts Tidak Akan Bernostalgia dan Fokus Memenangkan Persib
- Pemain Asing Anyar Persib Tanpa Seleksi


“Apalagi kalau melihat regulasi Liga 1, pendaftaran pemain sudah ditutup. Jadi kami tidak bisa meminjamkan pemain lagi dari Liga 1,” Teddy menambahkan. Meski begitu, dijelaskan pria berkaca mata tersebut, ke depan tidak menutup kemungkinan ada beberapa pemain yang dipinjamkan.

Terutama pemain muda yang butuh jam terbang atau yang sering duduk di bangku cadangan. “Namun semua tergantung keputusan pelatih akan kebutuhan pemainnya nanti. Misalnya setelah putaran pertama berakhir transfer window dibuka lagi, pelatih yang bisa memutuskan itu,” Teddy mengungkapkan.

Fokus Pertandingan

Dengan demikian, fokus Maung Bandung kini menyongsong pertandingan pekan kelima Liga 1 melawan Tira Persikabo, 18 Juni mendatang di Stadion Si Jalak Harupat. Konsentrasi Supardi Nasir dan kawan-kawan diharapkan tidak terganggu ataupun terpengaruh dengan wacana peminjaman pemain ke Persib B tersebut.

Robert mengaku, saat ini tim asuhannya tengah meningkatkan intensitas latihan menjelang pertandingan pekan depan. Pelatih asal Belanda tersebut menilai kondisi anak asuhnya sudah semakin stabil setelah empat hari berlatih usai menikmati libur Idul Fitri.

“Karena itu, untuk latihan persiapan kali ini saya memberikan beberapa program untuk tim. Seperti berlatih di lapangan sintetis dan mulainya tidak terlalu pagi. Ini semua untuk menyesuaikan intensitas latihan setelah pemain berlibur,” mantan pelatih PSM Makassar itu mengungkapkan.

Robert menjelaskan dirinya lebih cenderung menggelar latihan sekali dalam sehari. Programnya variatif,  sehingga pemain tidak merasa jenuh dan kembali berada dalam kondisi fit setelah menjalani libur Lebaran.

“Namun, karena mendekati pertandingan, kami punya waktu khusus untuk meningkatkan kebugaran pemain. Semua kami sesuaikan dengan kondisi yang ada. Kami juga sudah mendiskusikan dengan semua elemen, terutama bagian fisioterapi,” pelatih 64 tahun tersebut menuturkan.*Arief Nugraha K

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news