TOP INTERVIEW
Asnawi Mangkualam Tak Menyangka Bisa Satu Tim dengan sang Ayah
12 Juni 2019 12:30 WIB
berita
Pemain Timnas U-23 dan PSM Asnawi Mangkualam saat bermain Jet Ski. Foto Istimewa
MAKASSAR – Asnawi Mangkualam Bahar salah satu pemain yang menjadi langganan timnas Indonesia. Mulai timnas U-19 hingga U-23 yang saat ini dilatih Indra Sjafri. Kerap menyisir dari lini tengah, dengan bermain sebagai seorang gelandang bertahan., namun saat ini Asnawi lebih banyak bermain di posisi bek kanan.

Bahkan pada laga terakhir Merlion Cup 2019, pemain PSM itu berhasil menyumbangkan satu gol. Ingin tahu cerita lebih lanjut dari Asnawi, berikut wawancara eksklusifnya bersama TopSkor:


Baca Juga :
- Piala AFF Futsal Klub 2019: Black Steel Jalani Laga Hidup-Mati Hari Ini
- Timnas Futsal Indonesia U-20 Cetak Sejarah Baru




Meraih tempat ketiga di Merlion Cup 2019, senang atau sedih?

Yah mungkin kalau hasil memang sedih karena tidak sesuai dengan target, kan juara di Merlion. Tapi kami senang juga karena bisa dapat pengalaman baru dari dua pertandingan kemarin. Jadi kami syukuri saja hasil itu.


Baca Juga :
- PIALA AFF FUTSAL KLUB 2019: Black Steel Manokwari Tahan PTT Chonburi 5-5
- Game Control Jadi Ujian Terakhir Seleksi Timnas U-19


Cetak satu gol saat melawan Filipina, sudah masuk prediksi sebelumnya?

Tidak lah. Semua gol yang diciptakan hampir tidak diprediksi, itu hanya situasi pada pertandingan saja. Kemarin alhamdulillah dikasih rezeki bisa cetak satu gol, semoga bisa cetak gol lagi di pertandingan selanjutnya.

Pengalaman apa yang didapat dari dua laga di Merlion Cup?

Kalau saya pribadi banyak pengalaman yang saya dapat di Merlion Cup kemarin. Intinya saya masih harus banyak belajar dan masih banyak yang harus diperbaiki, terutama dalam menyerang ataupun bertahan.

Lebih nyaman main sebagai gelandang atau bek kanan...

Kalau dibilang nyaman sekarang nyaman main di posisi bek kanan, soalnya saya sekarang lebih banyak main di posisi itu. Dulu sempat juga kesulitan untuk adaptasi, tapi saya tetap berusaha supaya perubahan posisi ini tidak menjadi beban.

Anda sekarang jadi langganan timnas?

Pertama yang pasti saya sangat senang bisa terus dipercaya berada di dalam skuat timnas Indonesia saat ini. Dan ke depan saya akan lebih menjaga kondisi dan lebih kerja keras lagi supaya bisa terus main di timnas sampai senior (tertawa).

Anda juga bisa membawa PSM melaju ke babak semifinal Piala AFC Zona ASEAN?

Alhamdulillah, tapi ini bukan dari saya saja ini semua berkat kerjasama semua pemain PSM. Saya berharap semoga bisa meraih hasil maksimal dan tentunya kami juga bisa melaju ke babak selanjutnya.

Di PSM Anda berjuang bersama sang ayah, Bahar Muharram (asisten pelatih PSM)?

Sebelumnya saya tidak menyangka atau kepikiran bisa berjuang bareng ayah saya. Saya sama ayah bersikap professional, kalau di lapangan ayah saya adalah pelatih saya. Kalau di rumah, dia adalah kepala keluarga.

Apa mimpi  yang ingin Anda wujudkan dalam waktu dekat?

Yang pertama saya ingin bisa juara bersama timnas di SEA Games. Dan saya dan teman-teman juga ingin membawa PSM juara di Piala AFC tahun ini.

Kabarnya Anda saat ini sedang menggeluti bisnis busana?

Ya, saya sempat bisnis clothing dengan konsep sepak bola. Tempatnya di Makassar. Awalnya iseng saja dan memulai dari online, tetapi Alhamdullilah lumayan lancar. Saya juga mulai buka tokonya baru tahun 2019.*SUMARGO PANGESTU

 

 

 

BIODATA

Nama: Asnawi Mangkualam Bahar

Lahir: Makassar, 4 Oktober 1999

Usia: 19

Klub: PSM

 

Karier

2016   Persiba Balikpapan

2017 – sekarang       PSM

 

R
Penulis
Rizki Haerullah
news