INFOGRAFIS
INFOGRAFIS: Bukan Kemenangan yang Diinginkan
11 Juni 2019 07:13 WIB
berita
MONTREAL – Pembalap Mercedes AMG Petronas Lewis Hamilton memperpanjang tren positif dengan meraih kemenangan kontroversial pada putaran ketujuh Formula 1 (F1) 2019 di Sirkuit Montreal, Kanada, Minggu (9/6) atau Senin dini hari WIB. Ia pun mengaku tak senang dengan caranya menjejak podium pertama.

Hamilton mengemas kemenangan kelima, musim ini, setelah Sebastian Vettel mendapat penalti lima detik karena pembalap Scuderia Ferrari itu dianggap mengambil keuntungan dengan memotong jalur di Tikungan 14. Padahal, saat itu, ia kehilangan kendali SF90 hingga membuatnya harus keluar lintasan.


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Kesempatan Terakhir Generasi Emas Kolombia
- INFOGRAFIS: Hasil Latihan Keras dan Uji Coba Persib




“Pastinya ini bukan kemenangan yang saya inginkan. Tapi, saya terus menekan demi melewati Sebastian sampai akhirnya membuat dia melakukan kesalahan dengan melebar. Saya coba melewatinya dan kami hampir tabrakan. Sungguh disayangkan tapi itulah balap mobil,” kata Hamilton via Formula1.com.

Pria asal Inggris itu pun mengatakan apa yang dilakukan Vettel cukup berbahaya karena ia ada tepat di belakang sang rival. “Ketika kembali ke trek, Anda seharusnya tak langsung masuk jalur balap. Anda harus kembali dengan hati-hati untuk memastikan segalanya aman (demi hindari insiden),” ujarnya.


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Prediksi Timnas Indonesia Vs Vanuatu
- INFOGRAFIS: Preview MotoGP Katalunya


Di sisi lain, Vettel merasa keputusan Pengawas Lomba dibuat dengan tergesa-gesa karena dirinya tidak melakukan kesalahan besar atau mengambil keuntungan dari kejadian di Tikungan 14. Pembalap asal Jerman itu pun ingin para petinggi F1 kembali mendiskusikan regulasi hukuman atas insiden di trek.

“Saya pikir ini bukan hanya soal keputusan dalam balapan kali ini tapi juga insiden-insiden lain. Mereka hanya mendengar melalui radio dan saya pikir itu salah. Seharusnya kami bisa memberi penjelasan langsung dan cara yang diambil saat ini tak seperti itu. Ini balapan di mana diperlukan akal sehat,” tutur Vettel.

Vettel pun tak bisa menyembunyikan emosi setelah perjuangan berat melawan Mercedes berakhir dengan kegagalan. “Anda buta jika memberi hukuman saat mobil sulit dikendalikan hingga berada di rumput. Saya beruntung tak menabrak dinding jadi ini tak adil. Lalu, ke mana saya harus melaju?” katanya.

Ferrari pun mengonfirmasi bakal melakukan banding untuk hukuman lima detik kepada Vettel. Mereka dikabarkan telah menghubungi Federasi Automobil Internasional (FIA) sebagai langkah awal. Tim berlogo kuda jingkrak tersebut diberi waktu 96 jam untuk menyerahkan bukti-bukti pendukung banding.

Meski ketegangan sempat terjadi usai lomba, Vettel yang tidak memarkirkan mobilnya di zona seharusnya akhirnya bergabung dengan Hamilton dan Charles Leclerc. Ia pun tak menyalahkan Hamilton tapi juara dunia F1 empat kali tersebut tetap tak senang dengan keputusan yang diambil Pengawas Lomba.

“Fan tak seharusnya menyoraki Lewis setelah melihat apa yang saya alami. Mereka seharusnya menyoraki keputusan (penalti) yang aneh ini,” kata Vettel. “Yang bisa saya katakan adalah bukan saya saya yang membuat keputusan ini. Jadi, saya tidak tahu apa yang mereka soraki,” Hamilton menambahkan.

Terlepas dari itu, Vettel mengaku senang dengan kecepatan SF90 karena menempati pole position di GP Kanada. “Ini akhir pekan yang positif dan hasilnya juga bagus. Ada dua Ferrari di podium. Mercedes jelas lebih cepat sepanjang balapan tapi kami berhasil melawan mereka,” kata pria 31 tahun itu.*

L
Penulis
Lily Indriyani Sukmawati
news