news
LIGA 1
Kisah Kreatif dan Perjuangan Maskot Tim-tim Liga 1 2019
11 June 2019 11:43 WIB
berita
Anwar Sudarmadi sudah 29 tahun berperan menjadi maskot Arema - TopSkor/Noval Luthfianto
MAYORITAS kontestan Liga 1 2019 kini telah memiliki maskot, yang kiranya jadi identitas lain klub. Falcao, Prabu, Tiger, Orca, Jojo & Zoro, Emje, Singo, Jalbo, hingga Mad Ruji, adalah di antara nama-nama maskot tersebut.

Adapun maskot-maskot itu didominasiu jenis hewan, yang menjadi julukan klub bersangkutan. Kelahiran maskot klub pun beragam. Umumnya, dimunculkan basis suporter. Hal ini diharapakan bisa menambah kehangatan dan menciptakan suasana menghibur di dalam stadion.




Baca Juga :
- Preview Persib vs Persela, Kans Besar Maung Bandung Menembus Lima Besar
- Satu Poin Lagi Bali United Juara Liga 1 2019




Falcao, maskot burung Elang milik PSS Sleman, dilahirkan suporter PSS yang lahir dari obrolan-obrolan warung kopi. Lain halnya dengan Orca, maskot berbentuk ikan Pesut kebanggaan Borneo FC. Orca lahir lewat penggalangan dana yang dilakukan suporter Borneo lewat media sosial dan keliling tribune penonton.

Adapun sosok dibalik Falcao akrab disapa Junior. Pembuatan maskot ini menghabiskan biaya sekitar lima juta rupiah. Dana itu diperoleh dari seorang suporter PSS yang tak ingin identitasnya dipublikasikan. Meski berperan seperti badut, Junior mengaku senang bisa memberi hiburan pada fan klub.


Baca Juga :
- Adam Alis “Hidup” Kembali
- David Da Silva Kerap Jadi Penentu Kemenangan Persebaya


Namun, ada juga maskot yang dihadirkan atas inisiatif klub secara resmi. Seperti Prabu yang merupakan akronim dari Pangeran Biru, julukan lain Persib Bandung. Prabu baru diresmikan sebagai maskot klub pada akhir 2018 lalu. Nama Prabu diilhami nama penguasa Tatar Sunda Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi.

Prabu pertama kali muncul saat pagelaran Piala Presiden 2019 lalu. Tepatnya saat Maung Bandung bentrok dengan Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung. Kepada puluhan ribu Bobotoh, Prabu sering melakukan tarian lucu sehingga menghadirkan tawa.

Prabu tak hanya hadir di stadion, melainkan juga selalu tampil dalam setiap kegiatan yang digelar di luar pertandingan. Saat launching tim, lauching sponsor tim, kegiatan sosial, maupun kunjungan pemain Persib ke tempat-tempat khusus, Prabu selalu ikut serta dan selalu pula jadi buruan foto.

“Prabu dipilih melalui proses seleksi, terutama seleksi kepintaran menari. Atau harus punya latar belakang dancer. Prabu tampil diibayar per event, baik untuk kompetisi Liga 1 dan kegiatan lainnya. Purnama Suherman adalah nama orang yang jadi Prabu. Usianya masih 24 tahun,” kata Media Officer Persib Irfan Suryadireja.

Sementara Tiger, maskot milik Persija, juga rajin mendampingi tim bahkan saat melakoni laga tandang. “Secara ofisial resmi klub, Persija memang belum punya maskot sebagai identitas. Tapi dari Jakmania kan selalu kami munculkan ikon Tiger yang selalu mendampingi tim saat bertanding,” kata Sekretaris Umum Jakmania Diky Soemarno.

Sedangkan maskot Arema FC dibawakan Anwar Sudarmadi. Pria ini bisa jadi yang tertua berperan menjadi maskot tim dibanding 17 maskot tim Liga 1 2019 lainnya. Pria yang akrab disapa Pakde Singo tersebut, sudah memerankan maskot Singo sejak Arema berkompetisi pada akhir era Galatama (XI) 1990/1992 silam.

Praktis 29 tahun ini, pria kelahiran Malang, 2 September 1956 tersebut, menjadi sahabat Aremania. “Kostum dan topeng Singa sejak tahun 1990 hingga saat ini, saya sudah ganti lima kali, tapi tetap dengan bentuk dan tampilan yang sama. Saya sendiri yang membuat dengan bahan-bahan seadanya,” kata Sudarmadi.

“Tapi jangan salah ya. Sejak 1990 hingga saat ini, setiap akan bertugas membawa maskot ini ke dalam stadion, saya selalu beli tiket masuk, tidak gratisan loh dan saya lakukan terus sebagai bentuk cinta Arema, tanpa bayaran. Selama 29 tahun itu pula sebelum pertandingan saya selalu foto bareng tim,” ucapnya.* Furqon Al Fauzi/Sri Nugroho/Noval Luthfianto

loading...
news
Penulis
Abdul Susila
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.
news
news