news
TOP INTERVIEW
Diberitahu Jadi Striker, M Rafli Merasa seperti Meledak
11 June 2019 08:00 WIB
berita
Pemain Timnas U-23 dan Arema FC M Rafli. (INZET) Rafli bersama Indra Sjafri. Foto Istimewa
MALANG - Muhammad Rafli, stiker muda Arema FC mengundang decak kagum dalam ajang Merlion Cup 2019 Singapura, di Jalan Besar Stadium, Singapura, 7-9 Juni 2019. Tak hanya membawa timnas Indonesia U-22 merebut peringkat ketiga, namun juga ia menahbiskan diri sebagai top scorer (3 gol) Merlion Cup 2019. Ia unggul atas andalan tuan rumah Singapura, Ikhsan Fandi (2 gol).

Tak hanya mampu mencetak gol hattrick ke gawang Filipina, tetapi laga itu juga menjadi momentum kembalinya pemain kelahiran Jakarta itu ke posisi aslinya sebagai penyerang. Maklum tiga musim bersama Arema FC, ia diplot sebagai gelandang serang. Lalu, seperti apa perasaan Rafli saat ini? Berikut wawancara eksklusif TopSkor dengan pemain berwajah tampan itu:




Baca Juga :
- Hadapi Lawan Tangguh Malaysia & Filipina, Rugby 7s Indonesia Fokus Satu Tujuan: Bawa Pulang Medali
- Lima Pemain Cetak Poin Double Digit, Indonesia Tumbangkan Malaysia




Tiga gol dan top scorer pada Merlion Cup 2019...

Itu belum apa-apa, karena event sesunguhnya khan bukan di Merlion Cup, tapi nanti SEA Games 2019 di Filipina. Tapi jujur saja saya senang dengan raihan itu, tapi sedih juga kita belum bisa juara.


Baca Juga :
- Yoo Jae Hoon Klarifikasi Kabar Shin Taeyong yang Didekati Klub Cina
- Komentar Pelatih Timnas U-22 Myanmar Usai Lolos ke Semifinal SEA Games 2019


Apa kesan mendalam di Merlion Cup 2019?

Setelah tiga tahun belakangan ini, bersama timnas U-22 saya kembali bermain ke posisi asli sebagai penyerang. Saya seperti meledak-ledak dan antusias bisa kembali main sebagai penyerang. Tapi sebagai pemain saya siap kok diplot diposisi manapun, bahkan penjaga gawang kalau kondisinya urgent seperti Dimas Drajat dulu.

Siapa pelatih yang berperan membentuk Anda?

Pelatih pertama saya di SSB ASIOP Jakarta dan Om Aji Santoso di ASIFA Malang. Tapi saya pikir semua pelatih punya peran bagus bagi karier saya, mulai coach Milomir Seslija, Milan Petrovic, dan coach Indra Sjafri di timnas U-22.

Apa pesan coach Indra Sjafri sebelum melawan Filipina?

Sama sekali coach Indra tidak bicara apa-apa. Saya kaget sekaligus gembira ketika beberapa menit sebelum pertandingan baru tahu saya main sebagai penyerang.

Apa yang ada dibenak Anda ketika harus menempati posisi striker?

Saya ingat kata-kata coach Milomir Seslija, pemain sepak bola harus siap setiap saat ditempatkan di manapun. Jadi ya saya bismillah saja dan mengalir seperti air. Alhamdulillah, ada hasil bagus untuk timnas. Tapi tiga gol itu bukan karena kerja saya saja, tapi karena ada dukungan rekan-rekan lain.

Siapa sosok yang paling berperan terhadap Anda?

Ayah saya (Iqbal Rasyid) dan tentu support ibu saya (Ruli Sulistyawati). Ayah saya dulu hanya sebatas hobi bermain sepak bola dan hanya bisa menjadi anak gawang. Ya kami anak-anaknya yang didukung bisa menjadi pemain sepak bola. Ayah memasukkan saya ke Sekolah Sepak Bola (SSB) usia delapan tahun. Pertama sebagai gelandang, tapi setahun kemudian penyerang.

Bagaimana rasanya bermain di Arema?

Sangat gembira karena awal karier profesional saya bersama klub besar Arema FC. Waktu itu satu ikut seleksi bersama teman-teman dari ASIFA Malang. Kebetulan pelatih Arema saat itu adalah coach Aji Santoso yang juga pelatih saya di ASIFA. Tidak mudah bermain untuk Arema, butuh waktu adaptasi. Apalagi tim ini memiliki suporter luar biasa (Aremania), jadi harus siap mental juga.

Anda optimistis bisa terus bersinar di timnas U-23?

Insya Allah saya akan terus bekerja keras. Nanti coach Indra Sjafri yang menentukan pemain yang masuk skuat.*NOVAL LUTHFIANTO

 

 

 

BIODATA M Rafli:

Lahir: Jakarta, 24 November 1998

Orangtua : Iqbal Rasyid (ayah) dan Ruli Sulistyawati (ibu)

Klub idola : Arema FC dan Arsenal

Pemain idola : Mesut Özil dan Ahmad Bustomi

Karier Klub

2006-2014 SSB ASIOP

2014 Nike All Asian Football Camp

2016 Nike Most Wanted 2016 (Nike Academy, Prancis)

2016 Bhayangkara FC U21

2016 ASIFA Malang

2017/18 Arema FC U-21

2017- sekarang Arema FC

 

Karier Timnas

2016 Indonesia U-19

2019 Indonesia U-22

 

 

 

loading...
R
Penulis
Rizki Haerullah
news
news