LIGA INGGRIS
Jika Hanya Andalkan Kecepatan, Talenta James Bisa Sia-sia di Old Trafford
10 Juni 2019 14:19 WIB
berita
Daniel James/Istimewa
MANCHESTER – Kabar baik bagi Manchester United FC (MU). Pihak klub akan segera memperkenalkan kepada Daniel James sebagai rekrutan pertama pada pekan ini. Kubu Setan Merah telah mencapai kesepakatan, baik dengan sang pemain maupun Swansea City AFC dengan banderol senilai 15 juta paun (sekitar Rp272 miliar).

James sendiri sudah menjalani tes medis di AON Training Complex pada Kamis (6/6) lalu sebelum membela timnas Wales dalam kualifikasi Piala Eropa 2020. Publik Old Trafford diyakini antusias menyambut winger 21 tahun tersebut. Pasalnya sang pemain memiliki potensi besar dan telah diakui pelatih Manchester City FC Josep Guardiola.


Baca Juga :
- Lukaku Diminta Tinggalkan Manchester United, Duo Italia Akan Datang ke Old Trafford
- Arsenal Segera Kontrak Bintang Masa Depan Prancis




Salah satu kelebihan James adalah kecepatannya. Selama memperkuat Swansea, winger kelahiran 10 November 1997 ini memiliki catatan terbaik, yakni 36 km/jam. Angka tersebut membuatnya mengungguli pemain cepat seperti Leroy Sane (Man. City) dan Theo Walcott (Everton FC). Catatannya setara Kylian Mbappe (Paris Saint Germain FC).

“Membandingkan saya dengannya, itu hal gila! Saya pikir terlalu berlebihan karena semua orang tahu betapa luar biasanya Mbappe,” ujar James saat dikonfirmasi soal kecepatannya setara bintang timnas Prancis tersebut.


Baca Juga :
- Meski Sudah Sempurna, Man. City Tetap Butuh Pembenahan
- Siap Lepas Pogba, MU Terus Bergerak Cari Pengganti


Kepindahan James ke Old Trafford pun sangat didukung pelatih Wales Ryan Giggs yang juga merupakan winger legendaris MU. “Dia ancaman besar bagi lawan. Namun James tidak hanya memiliki kecepatan, kemampuan olah bolanya juga sangat baik. Saya yakin dia akan belajar banyak bersama MU,” kata Giggs.

Jika pelatihnya optimistis James bakal sukses bersama Setan Merah, hal berbeda diungkapkan analis sepakbola Inggris Danny Mills. Mantan bek sayap Leeds United FC tersebut tidak meragukan potensi sang winger. Hanya saja, menurutnya, bergabung dengan klub seperti MU juga memiliki risiko dan bisa menjadi bumerang bagi James.

Ada hal vital yang dinilai Mills bakal menghambat karier sang pemain. “James pemain yang sangat cepat dan punya naluri mencetak gol tinggi. Saya paham mengapa klub sekelas MU merekrutnya. Pertanyaannya apakah dia akan diboyong untuk menjadi starter? Masalahnya, dia tidak punya pengalaman di Liga Primer,” ujar Mills.

Kehadiran pemain seperti Marcus Rashford, Anthony Martial, Alexis Sanchez, hingga Jesse Lingard akan membuat kesempatannya tereduksi dibanding yang didapat di Swansea. Namun jika mampu memaksimalkan setiap waktu yang diberikan pelatih Ole Gunnar Solskjaer nantinya, Mills percaya James bisa bersaing.

“Jika benar Solskjaer akan kembali membangun fondasi tim dengan pemain-pemain muda, mungkin dia (James) punya kesempatan,” kata Mills. “Masalahnya, belum jelas seperti apa dan ke mana arah serta filosofi MU.”*   

I
Penulis
I Gede Ardy E
news