UMUM
Sukses Asian Games 2018 Jadi Modal Indonesia sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2032
08 April 2019 11:46 WIB
berita
Presiden Joko Widodo saat meninjau Wisma Atlet Kemayoran pada Asian Games 2018. (Foto: TopSkor.id/Choirul Huda)
JAKARTA – Indonesia mencatat empat kesuksesan (4S) pada Asian Games 2018. Itu terkait sukses prestasi, penyelenggaraan, administrasi, dan ekonomi.

Keberhasilan pada pesta olahraga antarnegara Asia ini membuat Indonesia optimistis untuk menyambut Olimpiade 2032. Ya, pemerintah memang ingin jadi tuan rumah edisi ke-35 yang diumumkan Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada 2025 mendatang.


Baca Juga :
- Kembali Kalahkan Anthony Ginting, Ini Komentar Jonatan Christie
- Juara Australian Open 2019, Jonatan Christie Sudah Koleksi 4 Gelar




Itu diungkapkan Ketua Dewan Penasihat Komunitas Olahraga Bersatu Raja Sapta Oktohari di ICE BSD, Tangerang, Minggu (8/4). Sosok di balik kesuksesan Asian Para Games 2018 ini optimistis, Indonesia siap jadi tuan rumah Olimpiade 2032.

“Ya, saat ini pekerjaan rumah menanti karena ada Olimpiade 2020 di Tokyo. Kami akan jemput bola agar Indonesia bisa jadi tuan rumah Olimpiade 2032,” kata Okto usai deklarasi Komunitas Olahraga, Pemuda, dan Penyandang Disabilitas Bersatu untuk Joko Widodo-Makruf Amin.


Baca Juga :
- Raja Sapta Oktohari dan Koordinasi adalah Kunci
- Laporan Gelaran Asian Games 2018 Dinilai Baik, Erick Thohir Apresiasi BPK & TP4


Pernyataan dari mantan Ketua Panitia Nasional Penyelenggara Asian Para Games III/2018 (INAPGOC) ini beralasan. Indonesia punya banyak modal untuk jadi tuan rumah pesta olahraga terbesar di kolong langit tersebut.

Misalnya, dari segi venue yang melimpah setelah dibangun pada Asian Games 2018. Selain itu, dukungan penuh dari pemerintah untuk memajukan olahraga.

“Saya jadi saksi sejarah saat dipercaya sebagai Chef de Mission (CdM) Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. Saya menyaksikan langsung perjuangan atlet-atlet Indonesia untuk meraih medali, terutama emas. Pemerintah Jokowi pun mengapresiasi mereka dengan memberi bonus yang sangat besar,” Okto, menambahkan.

“Nilainya mencapai Rp 10 miliar untuk peraih emas cabang bulu tangkis. Itu dicatat atas Tontowi AhmadLiliyana Natsir pada cabang olahraga bulu tangkis. Tahun lalu, Indonesia juga sukses sebagai tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games.”

Sepanjang sejarahnya, Olimpiade musim panas baru empat kali diselenggarakan di Asia. Diawali pada Olimpiade 1964 Tokyo, Jepang, Olimpiade 1988 Seoul (Korea Selatan), dan Olimpiade 2008 Beijing (Cina).

Tahun depan, Tokyo kembali jadi tuan rumah Olimpiade pada edisi ke-32 ini. Sementara, Olimpiade 2024 diselenggarakan di Paris (Prancis) dan empat tahun berselang Los Angeles (Amerika Serikat).***

news
Penulis
Choirul Huda
Juventini pemilik akun twitter dan instagram @roelly87
news