ASIAN GAMES 2018
Gebuk Petinju Thailand, Mathius Mandiangan Selamatkan Wajah Indonesia
12 Februari 2018 18:59 WIB
berita
Mathius Mandiangan

JAKARTA - Mathius Mandiangan selamatkan muka tinju Indonesia. Dia menjadi satu-satunya petinju Indonesia yang lolos ke semifinal. Dua petinju lainnya sudah rontok lebih dulu dalam Invitation Tournament Asian Games 2018. 

Tampil di kelas ringan (60 kg) di Hall Ji-Expo Kemayoran Jakarta, Selasa (12/2/2018), Mathius menggebuk petinju Thailand, Ruamtham S. Sebelumnya dua petinju Indonesia, Stevanus dan Julio Bria rontok di tangan lawan. Karena itu, Mathius 'mengamuk' dan ingin membalas kegagalan rekannya.

"Saya termotivasi untuk bisa menang setelah melihat Stevanus Nahak dan Julio Bria mengalami kekalahan. Makanya, saya tampil habis-habisan," kata Mathius usai pertandingan. 

Mathius mengaku puas dengan keberhasilan meraih tiket ke semifinal dengan mengalahkan petinju negeri Gajah Putih tersebut. 

"Ini pertama kali saya bisa mengalahkan petinju Thailand di ajang internasional. Selama ini, saya selalu mengalami kekalahan," akunya.
 

Kegagalan pertama dialami Stevanus Nahak. Turun di kelas Terbang (52kg), Stevanus yang merupakan adik kandung Julio Bria gagal mengalahkan Duangnut K (Thailand). 

Penampilan Stevanus cukup bagus. Bahkan, dia beberapa kali menyarangkan pukulan telak ke arah petinju Thailand tersebut. 

"Saya sudah berusaha maksimal untuk bisa menang tetapi keputusan wasit berbeda," kata Stevanus.

 Kegagalan ini diikuti abangnya, Julio Bria. Turun di kelas Bantam 56kg, peraih emas SEA Games Jakarta-Palembang 2011 dan juara Piala Kapolda Metro Jaya 2018 ini harus mengakui ketangguhan petinju Thailand, Yutapong Tongdee. 

Terakhir, Brama Henda Betaubun juga mengalami nasib yang sama. Turun di kelas Menengah (75kg), Brama tak mampu menjinakkan Chia Wei Kan. 

news
Penulis
Suryansyah