TOP FOTO
Delvecchio: Gelar Pemain Terbaik Penting, tapi Tim yang Utama
09 Februari 2018 14:07 WIB
berita
Fabio Delvecchio memiliki speed di atas rata-rata yang memudahkannya untuk melakukan solo run dari tengah lapangan. (Foto: TopSkor.id/Choirul Huda)

SEBAGAI pemain, meraih penghargaan Man of the Match (MotM) merupakan suatu kebanggaan. Sebab, itu membuktikan keberadaannya di lapangan sangat memengaruhi penampilan rekan-rekannya. Apalagi, jika turut menceploskan bola ke gawang lawan.

Itu yang dialami Fabio Delvecchio pada laga pertama Grup Top Divisi Utama Liga NIVEA MEN TopSkor (LNMT) U-16 2018. Gelandang sayap Buperta ini menyabet gelar MotM usai mengalahkan BBC Duta Motor 4-0.

Stadion Mini Citeureup, Bogor, Minggu (4/2) jadi saksi penampilan impresif Delvecchio. Putra dari pasangan Oey Ieping-Nyonyoh ini mencetak gol kedua Buperta pada menit ke-36. Tiga gol lainnya dibukukan Chandra Negara pada menit ke-21, Farkhan N. (39), dan Bintang Seme (55).

Gol Delvecchio diawali serangan baliknya dari sisi kanan pertahanan Duta Motor. Mengandalkan speed yang di atas rata-rata, penggemar Eden Hazard ini melakukan solo run tanpa mampu dibendung pertahanan lawan.

Pemain kelahiran 19 Agustus 2002 ini sukses melewati adangan M. Fitto dan Khaisar yang terus membayangi dari sepertiga lapangan. Delvecchio tidak gugup ketika sudah berhadapan dengan kiper Duta Motor, Dzulham. Lewat kaki kirinya, pemilik nomor punggung 10 ini mencocor bola ke pojok kiri gawang.

"Senang banget bisa mencetak gol. Namun, yang utama, tim meraih kemenangan pada laga pertama ini," ujar Delvecchio, seusai pertandingan.

Selain mengukir gol, Delvecchio juga memberikan kontribusi maksimal kepada rekan-rekannya. Yaitu, dengan berbagai umpan matang, terutama dari sisi sayap yang merepotkan sektor belakang Duta Motor.

Ditambah, dengan keunggulan larinya yang membuat Delvecchio gesit bak Arjen Robben ketika masih memperkuat Chelsea. Yang menarik, Delvecchio tidak hanya memiliki akurasi yang tinggi pada kaki kirinya. Bahkan, sepakan nan keras berasal dari kaki kanan.

Dua kakinya yang hidup memberi modal bagi pemain tersubur The Junior School Soccer League (JSSL) Cup 2014 Singapore ini untuk dipergunakan saat menembak ke arah gawang. Keunggulan individu dan pengaruh kepada tim membuat Delvecchio diganjar MotM.

"Suatu kebanggaan bisa meraih MotM ini. Sebagai pemain, jelas saya girang banget. Hanya, saya tidak bisa mendapat MotM ini tanpa dukungan rekan-rekan di lapangan, pelatih, kedua Orangtua yang mendukung ke sini, dan sekolah saya, SMK Metland. Gelar pemain terbaik ini saya persembahkan untuk mereka," Delvecchio, menjelaskan dengan nada haru.

Pernyataan pemain yang namanya terinspirasi dari legenda AS Roma, Marco Delvecchio ini menarik. Bagi Delvecchio, MotM memang penting. Namun, yang utama sebagai pemain menurutnya hasil positif untuk tim.

Peraih MotM LNMT U-16 2018 ini mendapat medali dan suvenir dari NIVEA MEN. Selain itu, ada kesempatan bagi setiap pemain untuk diterbangkan ke Spanyol. Tepatnya, untuk mengikuti pelatihan bersama jajaran pelatih Real Madrid.

Bisa dipahami mengingat NIVEA MEN merupakan sponsor utama raksasa La Liga Spanyol tersebut. Perusahaan yang bermarkas di Hamburg, Jerman, ini jadi partner TopSkor untuk menyelenggarakan LNMT U-16 2018.

Sebelumnya, kolaborasi ini membuahkan hasil positif pada penyelenggaraan NIVEA MEN TopSkor Cup (NMTC) U-16 2017. Pada akhir musim, lima pemain terbaik LNMT U-16 2018 akan dipilih NIVEA MEN berdasarkan kriteria dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk diberangkatkan ke Madrid.

"Suatu kebanggaan jika bisa terbang ke Madrid. Sebab, (Stadion) Santiago Bernabeu kan rumah sepak bola. Madrid memiliki 12 trofi Liga Champions yang paling banyak dibandingkan tim lainnya. Siapa pemain yang tidak ingin ke Bernabeu? Tentu saya mau banget," kata Delvecchio, optimistis.

Pengagum Bambang Pamungkas ini melanjutkan, "Namun, saya ingin fokus memberikan yang terbaik untuk Buperta. Jika berkontribusi positif terhadap tim, baru berbicara ke Madrid. Selain itu, saya |juga termotivasi untuk memperkuat tim nasional Indonesia U-16."

Yang menarik, Delvecchio tidak hanya piawai sebagai pesepak bola saja. Melainkan juga di lapangan futsal. Delvecchio mengantar SMK Metland School sebagai juara Management Futsal Competition 2017 yang diselenggarakan Universitas Islam 45 (Unisma) Bekasi.

"Kami beruntung, baik dari SMK Metland dan Buperta sangat mendukung Delvecchio. Meski, kadang-kadang jadwalnya bersamaan. Termasuk, saat mengikuti LNMT U-16 2018 ini. Kepala Sekolah SMK Metland Darmawan Sunarja memberi dispensasi kepada Delvecchio untuk fokus mengikuti turnamen ini pada Sabtu dan Minggu," Oey, menjelaskan.
 

news
Penulis
Choirul Huda
Juventini pemilik akun twitter dan instagram @roelly87