FORMULA 1
Grid Kids Akan Gantikan Peran Grid Girls di Formula 1
06 Februari 2018 20:33 WIB
berita
Foto: Sky Sports

PARIS - Pada 1 Februari 2018, Liberty Media sebagai pemilik hak komersil Formula 1, memutuskan untuk tidak lagi menampilkan grid girls di lintasan F1 sebelum balapan dimulai.

Sean Bratches, ketua komersial F1, mengatakan memperkerjakan grid girls tidak seirama dengan nilai merek F1. 

"Mempekerjakan grid girls memang bagian dari D1 dalam beberapa dekade. Tapi kami merasa kebiasaan itu tidak seirama dengan nilai merek kami dan paling nyata adalah bertentangan dengan norma sosial modern,” ujar Sean Bratches.

Sebagai alternatif, Liberty Media memutuskan untuk menampilkan 'Grid Kids' di musim 2018 ini. 20 anak-anak akan dipilih oleh masing-masing tim dan akan berdiri berdampingan dengan para pembalap di atas lintasan sebelum balapan dimulai.

Presiden FIA, Jean Todt, mengatakan bahwa menampilkan grid kids akan berdampak positif bagi anak-anak.

"Formula 1 adalah puncaknya olahraga balap mobil. Banyak anak-anak yang bermimpi untuk tampil di Formula 1. Kami akan membuat mimpi anak-anak tersebut terkabulkan. Walaupun berbeda dengan apa yang mereka impikan, tapi setidaknya mereka bisa berdiri berdampingan dengan idola mereka di atas grid," tutur Todt.

Grid kids sebenarnya bukan hal baru dalam olahraga balap. Ajang balap mobil listrik, Formula E, sudah menampilkan grid kids pada seri-seri balapannya. ***

M
Penulis
Muhammad Pratama Supradilliah