LIGA INGGRIS
Conte Sambut Positif Penggunaan VAR Semifinal Piala EFL
10 Januari 2018 17:32 WIB
berita

LONDON - Antonio Conte menyambut baik rencana penggunaan Video Assistant Referee (VAR).  Menurutnya terobosan baru teknologi dalam sepak bola Inggris patut dilakukan. 

Penggunaan teknologi tersebut akan diterapkan pada laga semifinal EFL Cup antara Chelsea dan Arsenal, Kamis (11/1). Pemanfaatan VAR ini diharap Conte tidak menimbulkan kontroversial. 

Ketika Chelsea bermain imbang 2-2 dengan Arsenal minggu lalu, berbau kontroversial. Terutama saat terjadi gol pertama setelah Eden Hazard mendapat hadiah penalti akibat mendapat perlakukan kasar dari Hector Bellerin.

Kala itu, bos Arsenal Arsene Wenger bereaksi. Pelatih berwajah tirus itu marah dengan keputusan wasit. Dia menganggap Hazard melakukan diving dan patut diacungi kartu kuning. 

Conte tak bereaksi. Pria berusia 48 tahun tersebut kemudian membandingkan dengan yang terjadi di tanah kelahirannya, Italia. Seperti diketahui, Seri A sudah menjalankan kebijakan serupa sejak awal musim.

“Awalnya memang ada sedikit kesulitan di awal penerapannya. Banyak orang yang tidak akan menerima hal ini, seperti di Italia. Orang-orang mengeluhkan permainan bisa berhenti sewaktu-waktu dan menunggu keputusan dari VAR,” ujar Conte seperti dilansir standard.co.uk.

“Tapi, saya pikir itu sesuatu yang positif untuk mengeleminir kesalahan. Inilah yang seharusnya dilakukan dalam sepak bola,” tambahnya.*Suryansyah
 

news
Penulis
Suryansyah