ASIAN GAMES 2018
INASGOC Buka Akreditasi Media untuk Liput Test Event Asian Games 2018
27 Desember 2017 15:15 WIB
berita
Dari kiri ke kanan: Tito Loho dari Departemen Akreditasi, Linda Wahyudi (Direktur Dept. Broadcasting), dan Ratna Irsana (Media & PR). (Foto: TopSkor.id/Choirul Huda)

JAKARTA - Panitia Nasional Penyelenggara Asian Games XVIII/2018 (INASGOC) tidak memberi batasan media untuk meliput test event pada Februari ini. Pesta Olahraga antarnegara Asia ini berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang dengan lebih dulu menyelenggarakan test event yang diikuti sembilan cabang olahraga pada 10-18 Februari.

INASGOC memberi kesempatan kepada setiap media di Tanah Air dan luar negeri untuk meliput Asian Games. Deadline pendaftaran akreditasi pada 5 Januari mendatang yang dikirim lewat Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

KOI merupakan representasi Komite Olimpiade Internasional (IOC) di Tanah Air. Namun, untuk melakukan verifikasi media, INASGOC dan KOI memberikan kewenangan kepada 10 lembaga atau instansi di Indonesia.

"Ada 10 lembaga yang kami libatkan dalam proses screening media dan volunteer. Mereka yang berwenang melakukan verifikasi kepada wartawan. Salah satu dari instansi tersebut tidak meloloskan, berarti tidak terverifikasi," kata Juru Bicara KOI Hellen Sarita de Lima dalam pertemuan dengan media di Kantor INASGOC di Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (27/12).

10 lembaga yang dimaksud yaitu: 

1. BIN Deputi dalam negeri
2. BIN Deputi luar negeri
3. BIN Deputi kontra intelijen
4. BNN
5. Dukcapil
6. Pusinafis (Pusat Indonesia Automatic Fingerprint Identification System)
7. Densus 88
8. Divhub interpol
9. Imigrasi
10. Baintelkam

Selain Hellen, dalam diskusi rutin tersebut turut dihadiri tiga perwakilan INASGOC. Itu meliputi Tito Loho dari Departemen Akreditasi, Linda Wahyudi (Direktur Dept. Broadcasting), dan Ratna Irsana (Media & PR).

"Form akan dibagikan secepatnya dengan rekan-rekan jurnalis mengirimkan maksimal 5 Januari. Untuk ID Card diberikan 30 Januari mendatang," Tito, mengungkapkan.

Untuk media, maksimal bisa mengirim delapan wartawan. Masing-masing empat untuk reporter dan fotografer.

"Syaratnya, surat tugas dari kantor yang bersangkutan, foto kopi KTP dan ID Card, dan foto dengan resolusi 300 kb berlatar putih. Untuk media luar, melampirkan paspor dan visa kunjungan jurnalis," tutur Ratna.

Test Event Asian Games 2018 berlangsung pada pertengahan Februari ini. Ada sembilan cabang olahraga yang mengikutinya, yaitu:

- Panahan
- Atletik
- Basket 5x5
- Tinju
- Sepak Bola
- Pencak Silat
- Taekwondo
- Voli
- Angkat Besi

"Test event ini sebagai persiapan kita untuk menghadapi Asian Games 2018. Mengenai hak siar, sejauh ini belum ada. Namun, untuk hak siar Asian Games 2018 dimiliki Emtek Group," pungkas Linda.***

news
Penulis
Choirul Huda
Juventini pemilik akun twitter dan instagram @roelly87