TOP FEATURE OLIMPYC
Sensasi Berkayak di Musim Dingin
07 Desember 2017 04:21 WIB
berita
Nouria Newman - TopSkor/Istimewa

Tak sedikit para penggemar kayak meletakkan dayung ketika musim dingin datang. Sejatinya, berkayak di musim dingin ternyata cukup menyenangkan. Seperti halnya yang dilakukan kayaker profesional wanita, Nouria Newman yang lebih menyukai berkayak di musim dingin dibandingkan pada musim kemarau.

Menurut Nouria Newman, berkayak pada musim dingin memiliki banyak keuntungan yang tak lain adalah sungai-sungai jadi sangat sepi sehingga bisa mendapatkan atmosfer yang istimewa. Belum lagi ditambah pemandangan indah. Tumpukan salju di tepi-tepi sungai dan stalaktit es menggantung pada dinding berbatu. “Asyiknya lagi, Anda dapat menarik kayak ke salju atau menggunakannya sebagai kereta luncur,” kata Nouria.

Kendati demikian, wanita asal Prancis itu mengaku bahwa mendayung di atas permukaan sungai yang sedikit menjadi es memberikan sebuah pengalaman yang sangat menakjubkan dan tentu sulit untuk dilupakan. “Rasanya sangat dingin sehingga mendayung jadi lebih. Pemandangannya begitu memesona, membuat berbagai masalah mudah diabaikan,” tutur Nouria.

Tak hanya itu, banyak pelajaran yang dipetik saat berkayak di musim dingin. Wanita 26 tahun itu pun turut memelajari bahwa berkayak dalam keadaan cuaca dingin sangat membutuhkan jaket yang tebal sehingga dapat menghangatkan badan. Tujuan lain, agar terhindar dari hypothermia. Terkadang kita juga harus membutuhkan kesabaran, lantaran tak sedikit peralatan kayak yang membeku.

Lebih dari itu, Nouria menilai sikap positif dan tidak ceroboh saat berkayak menjadi kunci utama. “Biasanya tangan akan menjadi beku. Untuk itu dianjurkan membawa minuman hangat yang dikemas dalam botol penghangat,” ujarnya. “Jangan pernah menganggap remeh cuaca dingin. Jika itu terjadi maka Anda akan celaka,” tutur Nouria berpesan jika berkayak pada musim dingin
Nouria mulai menggeluti olahraga mendayung sejak 2010. Tak ayal, ia telah memiliki segudang pengalaman dalam berkayak.

Berkayak gaya bebas atau pun ekstrem pun sudah biasa dilakoni Nouria. Ia juga telah menorehkan banyak prestasi, salah satunya adalah memenangkan kejuaraan XL Ottawa pada 2013 silam. Uniknya, tak hanya berkayak, Nouria juga memiliki keahlian dalam bidang jurnalistik. "Jurnalisme sebenarnya sangat mirip dengan kayak," katanya. "Anda selalu harus beradaptasi di tempat yang tak pernah Anda duga.”*Dedhi Purnomo/CR10

 

n
Penulis
nana sumarna