TOP FEATURE OLIMPYC
Ekspedisi Sukses Dua Pemandu Gunung
05 Desember 2017 04:25 WIB
berita
Tino Villanueva dan Alan Rousseau - TopSkor/Istimewa

Pemandu gunung bersertifikat Asosiasi Pemandu Gunung Internasional (IFMGA), Tino Villanueva dan Alan Rousseau berhasil menginjakkan kaki di puncak gunung Rungofarka di Himalaya, India Utara. Ini merupakan kali pertama mereka merasakan berdiri di atas puncak dengan ketinggian 6.495 meter dari permukaan laut itu. Kedua pendaki itu menyelesaikan pendakian dalam waktu lima hari.

Kedua pendaki lebih memilih Rungofarka dari beberapa daftar gunung yang dibuka oleh pemerintah, dengan alasan memiliki rute yang sangat menarik untuk dilalui. Namun, menurut Villanueva daftar gunung yang banyak didaki tahun ini adalah Jammu dan Kashmir.
Meski begitu, Villanueva mengaku, ia dan Alan sempat mengalami kesulitan di sisi Ridge Utara. "Rute Rungofarka tampak curam, dan memiliki keunikan serta estetika sebuah gunung yang menarik," kata Villanueva. "Menantang medan yang rumit membuat pendakian lebih sempurna.”

Kecocokan saat mendaki telah menyatu, lantaran mereka telah mendaki bersama-sama selama lebih dari sepuluh tahun. “Kami mulai mendaki bersama di Cascades dan melanjutkan untuk mendaki El Cap, di Washington dan pendakian pada rute baru baik di Amerika Serikat maupun di negara lain," ujar Villanueva. Mereka berdua bekerja diMountain Madness, sebuah layanan pemandu yang berbasis di Seattle, AS.

Tak hanya itu, keduanya telah memiliki banyak pengalaman saat menimbang risiko di pegunungan. Seperti halnya pada 2012, mereka melakukan petualangan pertamanya menuju Alpine dengan fokus rute pada lembah Rolwaling. Dalam perjalanan itu, rekannya mengalami kecelakaan, tertimpa batu karang yang membuat patah pada tulang tangan kanannya. "Alan dan saya harus mengubah pola pikir kami dan menyesuaikan diri dengan tidak membiarkan teman kita yang hampir terbunuh di medan yang paling jinak yang kami hadapi," tutur Villanueva.

Di sela-sela pendakian bersama, Villanueva dan Rousseau juga melakukan bimbingan perjalanan keliling dunia. Termasuk membimbing  para pendaki dalam perjalaan 7.000 meter di Kyrgyzstan, 800 meter panjat tebing di Gunung Kenya 5.000 meter, dan Gunung Logan di Wilayah Yukon Kanada. Menurut Villanueva, fokus Rousseau saat ini mungkin akan tertuju pada perjalanan yang dia lakukan di Alaska, serta membimbing para pendaki awam di pegunungan Cordillera Blanca, Peru.*Dedhi Purnomo/CR10

 

 

n
Penulis
nana sumarna