TOP FEATURE OLIMPYC
Pertama di Dunia, BMX Mungil dari Bandung
04 Desember 2017 04:21 WIB
berita
BMX Mungil - TopSkor/Istimewa

Normalnya ban sepeda BMX memiliki ukuran 20 inci. Namun, kini telah dibuat sepeda BMX dengan ukuran mini atau jauh lebih kecil dari ukuran sebenarnya, yakni 10 inci. Sepeda BMX mini ini dikenal dengan nama Kate Bike. Menariknya sepeda mungil ini asli buatan Indonesia. Jika sepeda BMX konvensional pertama diproduksi di Kalifornia, Amerika Serikat (AS), maka Kate Bike pertama di produksi di Bandung, Jawa Barat.

Menurut salah satu rider Kate Bike,  Faisal Joe, 25 tahun, sepeda mini diciptakan oleh Lucky Widiantara. Ketika itu, tepatnya pada pertengahan 2010, Lucky membawa ban gemuk berukuran 10 inci kepada komunitas Bandung BMX (BDGBMX). Tanpa berpkir panjang, tim Bandung BMX langsung menyulap ban tersebut menjadi sepeda yang menyerupai BMX dengan sedikit berbeda dari ukuran sebenarnya. Untuk diketahui, kini Kate Bike diproduksi oleh Kate Bike Ina.

Nama Kate sendiri diakui adalah nama orisinal atau asli Indonesia. “Nama Kate dipakai karena para penemu terinspirasi dengan ayam kate yang memiliki bentuk sama dengan sepedanya, kecil dan mungil,” tutur Faisal. 

Sepeda mungil ini kali pertama diperkenalkan pada awal 2011. Jika dilihat dari ukurannya Kate Bike cocok digunakan untuk anak-anak. Meski demikian, dari bentuknya yang unik Kate Bike juga menarik kalangan remaja, dewasa, bahkan orang tua untuk memainkannya. 

Lebih menarik lagi, Kate Bike telah dinobatkan sebagai sepeda BMX berukuran kecil pertama di dunia.Kendati begitu, tak sedikit perusahaan sepeda manca negara ingin memproduksi sepeda sejenis Kate Bike. “Beberapa negara, seperti Inggris meminta izin untuk memproduksi sepeda seperti Kate Bike  mereka membuat dengan nama ‘Rocker BMX’,” kata Faisal.

Siapa sangka, Kate Bike kini sudah populer di telinga masyarakat Indonesia. Ketenarannya pun banyak menarik perhatian penggiat sepeda di penjuru Indonesia untuk memilikinya. Faisal mengaku sepeda Kate sudah terjual mencapai angka ratusan. Kate Bike sendiri digolongkan menjadi dua jenis, standar dan pro. Harga sepeda Kate standar berkisar Rp 2,5 juta, sedangkan tipe pro kisaran Rp 5-7 juta. Jika berminat memiliki sepeda mungil tersebut dapat datang ke toko resmi di Jl. Gatot Subroto, Bandung, Jawa Barat.

Faisal menilai, awalnya sepeda mini ini dibuat hanya untuk bersenang-senang guna mengisi waktu luang. Keasyikannya pun merambah untuk melakukan lompatan layaknya sepeda BMX. “Trik-trik freestyle pada Kate Bike tidak beda dengan BMX pada umumnya,” ucap Faisal. Seperti sepeda BMX menggunakan sepeda mungil ini dapat juaga dapat melakukan trik bunny hop, 180, 360, tailwhip, barspin bahkan trik-trik sulit seperti backflip, flair atau frontflip.

Sepeda Kate cukup sulit untuk dimainkan  dibandingkan dengan sepeda BMX berukuran normal. Dari ukurannya yang kecil tentunya membutuhkan keseimbangan agar tidak terjungkal. Biasanya orang dewasa mengalami kesulitan saat mengayuh, lantaran kaki akan menyentuh bar.  Pada 2018 mendatang Kate Bike Ina berencana memasarkan sepeda Kate tersebut ke pasar Asia, yakni dengan cara menyuplai  Kate Bike ke dalam toko-toko sepeda yang berada di benua Asia.*Dedhi Purnomo/CR10

 


 

n
Penulis
nana sumarna