TOP FOTO
Sisi Lain Kunjungan Menkeu Sri Mulyani ke Kompleks GBK
25 November 2017 06:03 WIB
berita
Ketika menteri dibonceng menteri... Basoeki Hadimoeljono menyopiri Sri Mulyani. (Foto: TopSkor.id/Choirul Huda)

PAGI itu, sang surya menunaikan tugasnya dengan tegas pada Kamis (23/11). Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) sudah dipadati massa. Termasuk, awak media yang bersiap meliput kunjungan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati ke berbagai venue Asian Games 2018.

Kehadiran Sri didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono, Ketua Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, Ketua Panitia Nasional Penyelenggara Asian Games XVIII/2018 (INASGOC) Erick Thohir, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot Broto, Direktur Pembangunan dan Pengembangan Usaha PPK GBK Gatot Tetuko, dan berbagai pejabat terkait.

Mereka bersama rombongan media meninjau proses renovasi dan pembangunan tiga venue jantung ibu kota tersebut. Itu meliputi Stadion Utama GBK, Aquatik, dan Istana Olahraga (Istora). Dalam setiap kunjungan, Sri selalu menyempatkan untuk mengomentari progresnya.

"Sejauh ini, prosesnya bagus. Saya lihat di sini (SUGBK) sudah on progres menuju finishing. Ya, optimistis renovasi berjalan sebelum tenggat," kata Sri usai menjejaki rumput SUGBK.

Dalam kesempatan itu, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini turut mengetes kualitas rumput. Wajar saja mengingat di SUGBK memakai Zoysia Matrella yang juga dipasang Bayern Muenchen untuk Stadion Allianz Arena.

"Empuk nih. Rumputnya bagus, enak buat nendang bola dan lari-lari," Sri  mengungkapkan usai menendang bola.

Meski masih sembilan bulan lagi, panitia pelaksana (panpel) memang ngebut agar SUGBK rampung sebelum tenggat. Proyek ini dimulai sejak 15 Agustus 2016 di bawah pengawasan Kemen PUPR.

Sebagai stadion kebanggaan nasional sekaligus salah satu yang terbesar di dunia kini, wajar jika SUGBK bersolek lebih. Terutama dengan sentuhan modern agar stadion ini tidak hanya sekadar untuk Asian Games 2018 saja, melainkan event selanjutnya.

"Ya, kami apresiasi usaha dari usaha dari rekan-rekan Kemen PUPR dan INASGOC dalam persiapan menyambut Asian Games 2018. Sebagai tuan rumah, tentu kita ingin Indonesia sukses prestasi dan penyelenggaraan," tutur Sri yang semringah dalam kunjungan perdananya ke Kompleks GBK ini.

Peninjauan di Kompleks GBK ini merupakan yang ketiga diikuti awak media. Pertama, ketika 1st Technical Delegates Meeting dan 6th Coordination Committee Meeting bersama delegasi Dewan Olimpiade Asia pada 4 Maret lalu.

Dua pekan kemudian bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla yang berlangsung 26 Maret. Nah, awal bulan ini pun ada kunjungan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (12/11).

Dalam dua kesempatan terakhir, peninjauan ini tidak hanya di Kompleks GBK saja. Bersama JK turut ke Jakarta International Velodrome, Rawamangun, yang dilanjutkan Pacuan Kuda Pulomas, dan Wisma Atlet Kemayoran.

Sementara, dengan Sandiaga, ke Velodrome dan Pacuan Kuda. Di sisi lain, sejatinya Sri ingin lebih lama meninjau berbagai venue lainnya di Kompleks GBK. Hanya, wanita 55 tahun ini terkendala agenda padat dengan beberapa instansi lainnya.

"Maaf ya mas dan mbak wartawan, saya harus buru-buru. Pagi ini, ada rapat dengan rekan-rekan dari DPR," kata Sri dengan ramah melayani awak media yang bertanya terkait olahraga hingga ekonomi di Tanah Air.

"Kami berterima kasih atas kunjungan bu Sri ke tiga venue ini. Saya menangkap ada rasa puas selama mendampingi. Paling tidak, sebagai pejabat yang mengatur keuangan dan pengeluaran uang negara untuk Asian Games secara keseluruhan, beliau melihat hasilnya secara kongkret," tutur Erick saat doorstop dengan media.

Presiden FC Internazionale ini melanjutkan, "Berulang kali, menkeu mengungkapkan bahwa kelancaran pembangunan infrastruktur dan venue Asian Games menunjukkan contoh dari penggunaan anggaran negara dari pajak masyarakat dibangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat."

Yupz, berikut berbagai foto kunjungan Sri dan pihak terkait pada tiga venue berbeda yang dirangkum TopSkor.id:

 

news
Penulis
Choirul Huda
Juventini pemilik akun twitter dan instagram @roelly87