ASIAN GAMES 2018
Ini Burung yang Jadi Maskot Asian Para Games 2018
08 Oktober 2017 21:01 WIB
berita
Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari bersama Menpora Imam Nahrawi, dan atlet David Jacobs. (Foto: TopSkor.id/Choirul Huda)

JAKARTA – Panitia Penyelenggaraan Asian Para Games 2018 (INAPGOC) sudah merilis maskot resmi untuk Asian Para Games edisi ketiga. Yaitu, Elang Bondol bernama Ulung.

Peluncuran maskot dan logo bersamaan dengan count down Asian Para Games 2018 di JIExpo Kemayoran, Jumat (6/10). Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari mengungkapkan alasan pemilihan burung yang juga jadi maskot kota Jakarta ini.

“Ya, Elang Bondong merupakan maskot ibu kota. Pemilihan ini untuk menyesuaikan dengan maskot Asian Games yang juga hewan-hewan khas Indonesia,” ujar Raja.

Dalam kesempatan itu, pria 41 tahun ini turut menjelaskan arti nama Ulung. Maksudnya, berpengalaman, mahir, terbaik, dan pemimpin.

Ulung bisa jadi akronim penuh makna. Yaitu, Ultimate, undisputed, dan National Globality yang artinya bangsa unggul dan tak terkalahkan.

Mengenai logo, menyerupai kurva berbentuk lingkaran sebagai representasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Di tengahnya, terdapat lingkaran tiga warna dnegan siluet yang menggambarkan keberagaman bangsa-bangsa di Asia.

“Logo ini mengacu pada ogo Asian Games 2018. Untuk memudahkan masyarakat dalam meengenali dua pesta olahraga di Asia yang berlangsung berdekatan,” Raja, menambahkan.

Asian Para Games berlangsung di Jakarta pada 8 hingga 16 Oktober 2018. Waktunya, hanya sebulan lebih usai Asian Games yang dilaksanakan pada 18 Agustus hingga 2 September pada tahun yang sama.***

news
Penulis
Choirul Huda
Juventini pemilik akun twitter dan instagram @roelly87