UMUM
Kemenpora Rencanakan Popnas Berlangsung Setiap Tahun
13 September 2017 13:02 WIB
berita
Plt Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Yuni Poerwanti (Foto: TopSkor.id/Choirul Huda)

SEMARANG – Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) diharapkan untuk melihat potensi calon atlet di masa depan. Itu mengapa, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggerakkannya secara intens.

Tahun ini, Jawa Tengah sebagai tuan rumah akan menyelenggarakan pada 10 hingga 21 September mendatang. Popnas XIV 2017 jadi etalase bagi publik untuk menyaksikan kemunculan tunas bangsa yang berprestasi.

“Kami sangat mengharapkan anak-anak muda meniti karier dari bidang olahraga. Untuk itu, kami ingin ajang kompetisi ini diperbanyak. Mungkin, tidak hanya Popnas saja, tapi juga dalam bentuk lain,” kata Plt Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Yuni Poerwanti usai pembukaan Popnas 2017 di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, Selasa (12/9).

“Yang terlintas di pikiran saya, sentra. Bisa sentra pembinaan juga bisa sentra kompetisi. Misalnya, sentra A dipusatkan di daerah mana, itu untuk cabang olahraga mana. Jadi, ketika mencari kompetisi cabang olahraga apa yang sudah ditentukan, ya di sentra itu,” Yuni, melanjutkan.

Dia berkaca pada data Badan Pusat Statistik (BPS). Di Indonesia, usia 10 tahun ke atas yang berolahraga hanya 24,96 persen dari jumlah penduduk.

Tentu, ini sangat minim sekali. Itu mengapa Kemenpora berusaha menggaet keluarga untuk mengakrabkan olahraga kepada anak-anak.

“Dorongan keluarga, sekolah mendukung, kompetisi ada, tentu olahraga Indonesia akan tumbuh subur. Ketika ini dilakukan, saya optimistis 10 tahun ke depan, Indonesia bakal berjaya. Kita diuntungkan bonus demografi,” tutur Yuni, optimistis.

“Untuk Popnas di masa mendatang, ada rencana perubahan. Tapi, kami tidak bisa menyampaikan lebih dulu. Memang, Popnas itu masih dua tahun sekali. (Padahal) satu tahun sekali saja kurang, apalagi dua tahun sekali. Sangat kurang sekali.”

Yuni melanjutkan, “Kekurangan Indonesia pada wadah kompetisi. Dengan pembangunan wadah kompetisi akan diikuti sarana dan prasarana. Untuk itu, kompetisi harus diperbanyak.”

Popnas XIV 2017 akan mempertandingkan 21 cabang olahraga dengan 287 nomor pertandingan, dan empat cabang ekshibisi. Event ini diikuti 5.567 atlet dari 34 provinsi, 2.500 wasit dan juri, serta total 991 medali (287 emas, 287 perak, dan 417 perunggu).***

news
Penulis
Choirul Huda
Juventini pemilik akun twitter dan instagram @roelly87