LIGA CHAMPIONS
Inilah Trio Penyerang Terbaik di Eropa
13 September 2017 00:02 WIB
berita
Neymar, Edinson Cavani, Kylian Mbappe

PARIS – Kehadiran Neymar Junior dan Kylian Mbappe memungkinkan Paris Saint Germain memiliki trio penyerang termahal di dunia. Kedua muka baru itu bergabung dengan Edinson Cavani yang telah lebih dulu berkibar bersama Les Parisiens.

Harga trio MCN (Mbappe, Cavani, Neymar) secara keseluruhan mencapai 467 juta euro (Rp 7,3 triliun). Investasi gila-gilaan PSG tampaknya tak sia-sia karena ketiganya terlihat langsung menyatu. Mereka mencetak empat gol saat bermain bersama selama 78 menit pada laga Ligue 1 lawan FC Metz yang dimenangi PSG 5-0, Jumat lalu.

Tapi, benarkah mereka tridente terbaik di Eropa? Jika dilihat dari prestasi, trio BBC (Gareth Bale, Karim Benzema, dan Cristiano Ronaldo) masih layak disebut yang terbaik. Mereka telah bermain bersama selama empat tahun dan berhasil memenangi tiga gelar Liga Champions (2013/14, 2015/16, dan 2016/17).

Tapi, jika dilihat dari statistik masing-masing personelnya musim lalu, trio BBC tidak terlalu istimewa meski masih termasuk salah satu yang paling produktif dengan total 70 gol. Ronaldo mencetak 42 gol, Benzema 19 go, dan Bale 9 gol.

Catatan ini jauh di bawah trio penyerang Barcelona yang kini mengalami sedikit perombakan dengan masuknya Ousmane Dembele menggantikan Neymar. Dembele mencetak 10 gol buat Borussia Dortmund musim lalu. Jika digabungkan dengan torehan Lionel Messi dan Luis Suarez, total gol tridente baru Los Blaugrana ini mencapai 101.

Bagaimana dengan trio MCN? Melihat statistik musim lalu, trio penyerang ini tampak menjanjikan dengan membukukan total 95 gol. Ironisnya, sebagai personel termahal, Neymar malah paling rendah produktivitasnya dengan hanya mencetak 20 gol buat Barcelona. Mbappe di posisi kedua dengan 26 gol buat Monaco dan Cavani sebagai personel termurah justru jadi yang tersubur dengan 49 gol buat PSG.

Menariknya, trio penyerang Tottenham Hotspur (Harry Kane, Dele Alli, dan Son Heung-min) berada di peringkat ketiga dengan 78 gol. Berikutnya ada tridente Napoli (Dries Mertens, Jose Callejon, dan Lorenzo Insigne) dengan 71 gol. Sementara torehan trio penyerang FC Bayern Muenchen (Robert Lewandowski, James Rodriguez, dan Arjen Robben) setara dengan trio BBC, 70 gol.

R
Penulis
Rizal Al Furqon