TOP FEATURE OLIMPYC
Hannold Menaklukkan El Capitan
13 September 2017 04:25 WIB
berita
Alex Honnold - TopSkor/Istimewa

EL Capitan tebing vertikal tertinggi di Amerika Serikat (AS) yang berada di Yosemite National Park, Kalifornia. Biasanya, para pendaki gunung atau atlet panjang tebing akan mendaki El Capitan ini dengan seutas tali pengaman karena tingginya yang sekitar 900 meter. Ketinggian tebing El Capitan tidak membuat rasa takut bagi Alex Honnold.

Yang membuat Honnold  berbeda dibanding para pemanjat profesional lainnya, dia mendaki tanpa bantuan alat pengaman. Honnold menuntaskan pendakian tebing El Capitan dengan waktu sekitar dua setengah jam. Kecepatan memanjat tebing El Captain sekaligus memecahkan rekor sebagai pemanjat tercepat. Ungkapan Honnold ketika ia sebelum memanjat tebing tertinggi, di merasa tebing itu menakutkan setiap melihat ke arah atas tebing El Capitan.

“Saya sangat gembira, ini mungkin perasaan paling bahagia yang pernah saya alami. Ini sesuatu yang sudah saya pikirkan dan impikan begitu lama, dan saya bekerja sangat keras. Ini sangat memuaskan,” kata Honnold. Hal ekstrim yang dilakukan Honnold menjadikan dirinya sebagai orang pertama yang mendaki El Capitan setinggi 3.000 kaki tanpa bantuan seutas tali.

Sekarang, ia masih ingin mendaki tebing lebih banyak lagi. Tapi, tidak hanya sekadar memanjat, Honnold ingin memanjat semua tebing di dunia tanpa tali. Dari kegiatan ekstrem yang dilakukan Honnold, membuat banyak orang mengkritik bahwa tindakan yang dilakukan Honnold adalah sebah tindakan yang konyol dan ceroboh.

“Saya bisa memahami bagi orang yang awam dengan pendakian, sepertinya hal ini sangat gila. Tapi saya telah melakukan pendakian selama 20 tahun dan mungkin menghabiskan enam atau tujuh tahun terakhir untuk melakukan proyek khusus ini. Jadi bagi saya, ini bukanlah seperti anak kecil yang secara mendadak memutuskan untuk melakukan hal gila seperti ini. Perlu waktu bertahun-tahun untuk usaha seperti ini,” katanya.

Hannold memang bukan pemanjat biasa, tentunya dia memiliki sebuah teknik dan trik ketika menaklukkan tebing-tebing tinggi tanpa alat pengaman. Honnold sudah mulai memanjat sejak umur 11 tahun, saat itu ia meutuskan untuk berhenti kuliah hanya karena ingin memanjat tebing. Kala itu Honnold telah menempuh pendidikan di Universitas Berkeley, salah satu Universitas dengan jurusan teknik terbaik di negeri berjuluk Paman Sam itu.

Honnold telah memanjat rute-rute ekstrem seperti Cosmic Debris, Astroman, dan Heaven. Honnold juga menjadi orang pertama yang mendaki Fitz Traverse di Patagonia, Chile, bersama Tommy Caldwell. Tak hanya itu, ia juga mendaki tiga gunung sekaligus di Taman Nasional Yosemite, dalam kurang dari 24 jam. Semua pemanjatannya dilakukan dengan tidak menggunakan bantuan alat pengaman.*CR10


   
 

n
Penulis
nana sumarna