TOP FEATURE OLIMPYC
Menaklukkan Derasnya Niagara
12 September 2017 05:00 WIB
berita
Rush Struges - TopSkor/Istimewa

DALAM olahraga kayak, nama Rafa Ortiz sudah sangat dikenal. Ortiz sudah lama bekecimpung dalam dunia kayak, hal itu yang menjadikan kayaker ini  terbiasa melakukan hal ekstrem menggunakan kayak. Sebelumnya Rafa Ortiz nekat terjun dari ketinggian 70 kaki, sekaligus menaklukkan air terjun Autlet Falls, Washington (Amerika Serikat) Mei 2016 lalu.

Aksinya menaklukkan air terjun tidak berhenti ketika ia menaklukkan air terjun Autlet Falls. Belum lama ini, orang pemberani itu kebali beraksi dengan kayak miliknya. Namun, saat ini Rafa Ortiz tidak sendirian, lantaran ia beraksi dengan kedua temannya yang juga memiliki mental pemberani seperti Ortiz, yaitu Evan Garcia dan Rush Struges.

Kali ini Ortiz, Garcia, dan Struges berekspedisi menaklukkan air terjun Niagara. Air terjun merupakan air terjun terbesar di sungai Niagara, yang berada di garis perbatasan internasional antara negara bagian Amerika Serikat, New York, dan Kanada. 

Ortiz telah menghabiskan waktu selama dua tahun untuk melakukan ekspedisi di berbagai sungai. Sampailah sekarang ia dan trekan-rekannya menaklukkan salah satu air terjun yang terkenal di dunia yang memiliki ketinggian sekitar 51 meter. Ekspedisinya kali ini di dukung tim Red Bull sekaligus dibuat menjadi sebuah film oleh tim Red Bull. Ortiz bersama Garcia dan Struges memeberanikan diri untuk melompat menggunakan kayak dari Niagara Falls setinggi 51 meter. 

"Saya lebih takut dengan hal ini daripada hal lain yang telah saya lakukan dalam hidup saya," kata orang Meksiko dari film Red Bull TV Chasing Niagara. “Menaklukkan Air Terjun Niagara ini adalah mimpi dari semua orang  tidak hanya kayaker, tapi sebenarnya ini adalah langkah untuk menempuh perbatasan," Kata Rafa Ortiz.

Perasaan bahagia juga menyelimuti Rush Struges disaat dirinya berhasil menaklukkan Niagara Falls yang berada di negeri Paman Sam itu. "Karena begitu besar, dan itu adalah Niagara Falls, itulah yang membuat proyek ini menjadi proyek yang paling mengerikan dan menghantui yang pernah saya hadapi. Saya tidak akan pernah berhenti mengayuh, itu benar-benar apa yang saya sukai dan merupakan perasaan yang paling menggembirakan dan paling hebat di dunia. Saya pikir pada akhirnya Niagara Falls hanya akan membuat kita lebih kuat dan lebih menghargai apa yang kita miliki,” kata Struges.

Dan, seperti semua cerita petualangan yang bagus, ini bukan hanya tentang tujuan, tetapi juga tentang perjalanan. Bagi tim Chasing Niagara inilah pengalaman yang pernah terjadi. Lebih jauh lagi, meski Ortiz bintang filmnya, ia bukan satu-satunya kayaker yang menjadi bintang film mengenai kayak.*CR10

n
Penulis
nana sumarna