TOP FEATURE OLIMPYC
Rozov bagai Memiliki Sayap
11 September 2017 05:00 WIB
berita
Valery Rozov - TopSkor/Istimewa

SIAPA yang tidak kenal dengan atlet legenda olahraga ekstrem base jumping (terjun bebas) yang telah mengoleksi banyak penghargaan dunia. Ya, dialah Valery Rozov, pria yang dilahirkan di Nizhny Novgorod, Rusia. Valery Rozov seperti dilahirkan dengan sebuah sayap. Base jumping, olahraga yang dilakukan dengan terjun bebas dari sebuah tempat yang sangat tinggi tanpa membuka parasut terlebih dahulu.

Parasut baru akan dibuka setelah melompat dari sebuah tempat yang tinggi (disebut dengan BASE). Sebelum mendarat, parasut harus membentang dengan sempurna agar pendaratannya bisa aman. Jika parasut tidak membentang dengan sempurna atau gagal, risikonya adalah maut. Kata BASE sendiri memiliki sebuah arti, Building yang berarti bangunan yang tinggi atau bangunan pencakar langit, Antenna yang berarti antenna-antena pemancar, S pan yang berarti jembatan, menara, serta objek tinggi lainnya Earth yang berarti bukit yang memiliki tebing untuk melakukan lompatan.

Tidak sembarangan untuk memainkan olahraga seperti yang dilakukan Rozov. Kendati demikian, olahraga base jumping harus memiliki sebuah keahlian khusus dan memiliki sebuah nyali yang besar. Karena base jumping merupakan salah satu olahraga yang berisiko dengan kematian. Rozov, atlet base jumping Red Bull memecahkan rekor dunia dalam proyek bersama FXTM base jump 2016 lalu. Atlet Red Bull ini menunjukkan lompatan yang sukses dari Gunung Cho Oyu di Cina pada ketinggian 7.700 meter.

Prestasi yang diraih Rozov menaikkan standar olahraga ekstrim dan bahkan memecahkan rekornya sendiri pada 2003, breaking jump dari Everest Massif pada ketinggian 7.220 meter. Rozov melakukan sebuah lompatan di gunung Cho Oyu, Cina hanya memerlukan waktu 90 detik. Kemudian parasut terbuka dan terbang selama dua menit sebelum pelompat bebas asal Rusia itu mendarat dengan sempurna.

Setelah melakukan lompatan yang bisa dibilang fantastis, Rozov mengungkapkan pernyataanya mengenai sebuah ambisi untuk menaklukkan gunung  Cho Oyu yang berada di Cina Itu. “Melakukan jump dari Cho Oyu salah satu ambisi yang sudah lama ingin saya capai, rasanya fantastis. Gunung Cho Oyu sendiri mengagumkan dan menantang. Walau demikian, memiliki kesempatan untuk mendakinya dan melakukan lompatan bebas dari sana, tentunya hal ini merupakan pengalaman yang luar biasa,” kata pria 53 tahun itu.

Dari hasil lompatan bebas  yang  dilakukan, Rozov telah mengoleksi beberapa penghargaan yaitu, Dua Juara Dunia di sky jumping (1999, 2003), Juara Eropa dan pemenang Piala Dunia (2002), Juara X Games di sky surfing (1998), Juara Rusia di gunung (2002 dan 2004), dan pemegang rekor dunia dalam jumping langit (Akrobat grup 400-way dan sayap sayap 100 arah). 

Rozov orang pertama kali yang melakukan BASE jumping dari pegunungan Kilimanjaro, Shivling, dan Elbrus dan juga orang pertama yang melakukan skydiving ke gunung berapi aktif (Mutnovskiy, Kamchatka, Rusia). Pada 2013, Rozov memecahkan rekor dunia untuk BASE jumping tertinggi yang pernah dilakukan dari tebing Everest.*CR10


 

n
Penulis
nana sumarna