TOP FEATURE FOOTBALL
3 Situs Terpopuler Bobotoh di Indonesia, Mana Paling Favorit?
09 September 2017 19:45 WIB
berita
Bobotoh Persib - Foto: TopSkor/Ady Sesotya

PERSIB Bandung boleh saja masih tertahan di papan tengah klasemen Gojek Traveloka Liga 1 2017. Namun hal itu sama sekali tidak mengurangi statusnya sebagai salah satu klub raksasa di nusantara. Kedatangan Michael Essien dan Carlton Cole pada paruh pertama Liga 1 menjadi salah satu vitamin kepopuleran Maung Bandung di kancah sepak bola Asia. Tapi bukan berarti karena kedua marquee player itu Persib menjadi populer. 

Persib memang sudah amat populer di Indonesia dengan cakupan fans yang luas, tidak hanya di Bandung melainkan di kota besar seperti Bogor, Depok, hingga Jakarta. Bahkan Persib tercatat sebagai klub dengan jumlah fans sebanyak 9,5 juta orang, sehingga menobatkan dirinya sebagai klub terpopuler se-Asia.

Kepopuleran Persib di dalam negeri dan Asia, tidak terlepas dari suporter yang militan, yaitu bobotoh. Kehadiran bobotoh tidak hanya menjadi pemain ke-12, melainkan laksana nyawa dalam setiap pertandingan Maung Bandung. Sorak-sorai gempita dan nyanyian yang tiada henti dalam penuh sesaknya stadion, menjadi bukti kecintaan mereka kepada Persib. Tidak hanya partai kandang, juga partai tandang tidak dilewatkan bobotoh untuk mendukung tim kesayangannya. Tampak terlihat boboh berkumpul di mana-mana.

Keramaian bobotoh tidak hanya terjadi di ruang sosial, melainkan juga di ruang maya. Manuver mereka di media sosial tidak kalah tajam, dibandingkan nyanyian di stadion. Hal ini yang dilihat menjadi potensi besar banyak situs fans bobotoh untuk mewadahi keinginan fans dengan memberi informasi berita melalui situs dan media sosial. 

Setidaknya terdapat 3 situs berita terpopuler yang banyak diakses bobotoh untuk mendapatkan informasi terbaru tentang klub kecintaannya, Persib:

Bobotoh.id

SITUS pertama adalah Bobotoh.id yang begitu luwes dan informatif dalam menyampaikan berita tentang Persib. Mereka konsisten dalam membagikan berita di media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram. Lihat saja perolehan followers di Twitter menembus angka 132 ribu, di Facebook 224 ribu, dan di Instagram 351 ribu. Maka tidak heran jika dalam peringkat situs di Alexa, Bobotoh.id meraih posisi yang cukup tinggi di angka 254.

Simamaung.com

SITUS kedua adalah Simamaung.com yang juga tidak kalah informatif dalam memberi berita tentang Persib. Keaktifan mereka di media sosial menjadikan situs ini sebagai salah satu patokan bobotoh dalam mendulang informasi. Perolehan followers di media sosial menjadi yang terbesar di antara 2 situs lainnya. Sebagaimana bisa dilihat di Twitter, followers mereka menginjak angka 1,35 juta. Wow! Lalu di Facebook sebanyak 362 ribu, dan di Instagram sebanyak 420 ribu. Namun peringkat di Alexa masih di bawah Bobotoh.id. Simamaung.com harus puas di posisi 1.313.

Vikingpersib.co.id

SITUS terakhir yang menjadi rujukan bobotoh dalam mencari informasi tentang Persib adalah Vikingpersib.co.id. Situs ini memang masih berada jauh di bawah Bobotoh.id maupun Simamaung.com. Namun situs ini konsisten bergerak maju mengejar ketertinggalan. Setidaknya mereka terus bersaing di media sosial untuk membagikan berita terkini Persib. Untuk saat ini saja followers mereka di Twitter sudah menginjak angka 439 ribu, jauh lebih besar dari Bobotoh.id. Di facebook like fan page mereka sudah ada di angka 7 ribu, sedangkan di Instagram 222 ribu. Tapi keberhasilan mereka di media sosial belum mampu mendongkrak posisi jeblok di situs peringkat Alexa. Vikingpersib.co.id ada di peringkat 10.656.

Itulah tiga situs terpopuler Bobotoh dalam mencari berita terkini tentang Maung Bandung. Website mana yang menjadi favoritmu?*

S
Penulis
Surya Chandra .J