TOP FEATURE OLIMPYC
Ber-Zumba di Zuci Studio
09 September 2017 05:00 WIB
berita

ZUMBA kian populer di kalangan masyarakat khususnya wanita. Olahraga senam firness aerobik yang digabungkan dengan tarian ini menjadi daya tarik karena gerakan menyerupai tarian latin. Kendati demikian,  jika para wanita ingin berolahraga zumba, mereka wajib ikut dalam komunitas zumba.

Tidak sedikit komunitas zumba yang ada di Jakarta. Salah satunya adalah Zuci Studio yang berada Condet, Jakarta Timur. Zumba dalam Zuci Studio telah berdiri dua tahun yang lalu, tepatnya pada 2015. Anggota di dalam komunitas zumba Zuci Studio saat ini telah mencapai 40 orang. Zumba Zuci Studio selalu melakukan latihan rutin hari Rabu pukul 08.30 hingga 09.30 WIB.

Zumba Zuci Studio di komandoi wanita, Dina Ida Rosdiana, atau lebih akrab dengan sapaan Dina Bawden. Dina Bawden adalah seorang intruktur. Berawal dari suka nge-dance yang membuat Dina Bawden ingin benar-benar menggeluti olahraga zumba. Sang instruktur tersebut kini telah memiliki lesensi beberapa jenis zumba, yakni Zumba Step, Toning, Aqua Zumba, Zumba Sentao, Zumba Kids, dan Zumba Kids Junior.

“Di Indonesia khususnya di Jakarta zumba sudah growing banget,” kata Dina. “Semua tahu zumba karena zumba olahraga yang fun dan enjoy untuk di ikuti, bagus banget antusias di Jakarta atau Indonesia,” dia menambahkan.

Zumba memiliki dua macam kelas, yaitu basic class (kelas biasa). Basic class biasanya dilakukan selama satu jam. Dalam satu jam berolahraga zumba akan membakar sekitar 600-1.000 kalori. Kelas kedua adalah master class (kelas master), dimainkan oleh pezumba berpengalaman. Pembakaran kalori di kelas master ini lebih banyak dibanding kelas basic, sekitar 1.000-1500 kalori. Gerakan-gerakan agresif serta durasi waktu lebih lama yang membuat kalori lebih banyak terbakar dikelas master.

Zumba dikenal oleh gerakan-gerakan khas Amerika Latin, jika kalian belum mengetahui seperti apa formula gerakan pada olaharaga zumba. Berikut adalah gerakan-gerakan yang ada pada zumba, yaitu marenggue, salsa, regeton, dan cumbia. Di Jakarta memang sudah banyak yang menggemari olahraga zumba khususnya para wanita. Tetapi antusias di Jakarta belum sama dengan antusias pezumba di Amerika Latin.

“Di sana sudah menjadi keseharian dan habit, di Indonesia baru mulai tumbuh dan berharap nantinya akan sama dengan penikmat zumba yang ada di Amerika Latin,” kata Dina lagi. Masa depan olahraga zumba di Indonesia akan semakin meningkat, pasalnya tidak sedikti wanita ingin mempercantik bentuk tubuhnya melalui olahraga menyerupai tarian ini.

Di daerah pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, dan Bali zumba kini mulai banyak digemari. Zumba membuat seluruh tubuh bergoyang, dari kepala hingga kaki. Gaya tariannya yang berfokus pada pundak, perut, dan pinggul, pun membuat tubuh jadi kencang. Zumba makin digilai karena simpel, tak membutuhkan alat apa pun selain pakaian yang dikenakan. Gerakan zumba yang mudah dilakukan dan diikuti juga membuatmu tak perlu punya basic menari untuk ikut olahraga ini.*CR10

Beberapa Macam Zumba

Zumba Kids. Dikhususkan untuk anak-anak berusia 4-12 tahun
Zumba Gold, seperti namanya gold (emas) maka zumba jenis ini dikhususkan untun para manula berusia sekitar 40 tahun ke atas.
Zumba Toning, zumba yang dilakukan dengan bantuan tongkat toning. Gerakan zumba ini menyasar pada otot perut, paha, tangan dan otot lain di seluruh tubuh. Latihan ini baik untuk membentuk tubuh dan juga baik untuk jantung.
Zumba Sentao, biasanya digunakan dengan menggunakan kursi sebagai alat gerakan.
Zumba Sirkuit, tarian zumba dilakukan dengan menggunakan alat gym
Aqua Zumba, zumba dilakukan di dalam kolam renang, instruktur akan memimpin di dalam kolam renang.
Zumba Fitness, zumba yang dilakukan tujuan menguatkan otot pantat dan kaki dengan melakukan gerakan antigravitasi khas zumba dan gerakan aerobik.
 

n
Penulis
nana sumarna