TOP FEATURE OLIMPYC
Sang Penakluk Ombak Raksasa
07 September 2017 04:25 WIB
berita
Garrett McNamara - TopSkor/Istimewa

OLAHRAGA surfing bukan hanya membutuhkan papan selancar atau gelombang ombak yang besar. Terlalu sederhana. Surfing membutuhkan lebih dari itu. Surfing butuh nyali yang besar. Aspek inilah yang masih ada dalam diri peselancar tua, Garrett McNamara, walau usianya kini sudah 50 tahun. Pria 50 tahun asal negeri Amerika Serikat itu sudah banyak menyabet gelar penghargaan dunia.

Tidak hanya soal fisik, dan mental, keberanian pun tak dapat dipisahkan dalam  menaklukkan kejaran gelombang ombak. Bagi seorang profesional seperti McNamara tingkat kepuasan bukan hanya dilihat dari keberhasilan menaklukkan sebuah gelombang ombak. Tapi prosesnya. Tentu saja ia menaklukkannya dengan menggunakan trik dan teknik yang tidak banyak orang lain bisa melakukannya.

McNamara lahir pada 10 Agustus 1967 di Pittsfield, Massachusetts, Amerika Serikat. Dia menghabiskan sebagian masa kecilnya di kota Berkeley, Kalifornia. Di sana, dia tinggal bersama adik laki-lakinya yang bernama Liam McNamara. Menurut teman-teman masa kecilnya, McNamara dikenal dengan orang yang tak mengenal rasa takut dan rasa sakit. Hal itu dapat terlihat melalui caranya yang tidak pernah gentar melihat gulungan ombak besar ketika berselancar.

McNamara mulai bersahabat dengan papan selancar dan gelombang ombak di usia 11 tahun dan terjun secara profesional enam tahun kemudian. McNamara pernah mengendarai gelombang ombak terpanjang yang pernah ada di pantai Tagus, di Lisabon, Portugal. McNamara menghabiskan waktu 10 menit untuk mengendarai gelombang ombak berskala besar di pantai tersebut . Dia menggunakan menit pertama untuk terbiasa dengan gelombang layaknya bertenaga motor. 

Salah satu hal yang perlu diketahui, dalam aksinya menaklukkan gelombang ombak di pantai Tagus, ia tidak pernah terjatuh dari papan selancarnya. Dia mengakui bahwa hari itu adalah perjalanan terpanjang dalam kehidupan berselancar. "Saya hampir kehilangannya beberapa kali, itu pasti perjalanan terpanjang dalam hidup saya Ini adalah cara untuk memulai. Sekarang, saya siap untuk tantangan lain," kata McNamara setelah menyelesaikan tantangan tersebut.

Pada November 2011, Garrett McNamara memecahkan rekor dunia Guinness untuk gelombang terbesar yang pernah berselancar. Orang Hawaii mengendarai setinggi 78 kaki yang terletak di Nazaré's Praia do Norte. Aktivitasnya sebagai peselancar pun bukan hanya di laut melainkan aktif pula dalam aksi sosial. Ketika ke Nicaragua contohnya, McNamara ikut membantu masyarakat di sana dalam mengumpulkan sampah dan mencari bahan-bahan pelastik untuk diolah lagi.*CR10


 

n
Penulis
nana sumarna