LIGA INTERNASIONAL
Italia Dicukur Spanyol 0-3, Ini Pembelaan Ventura
03 September 2017 12:17 WIB
berita
Giampiero Ventura. (Foto: VivoAzzurro.it)

MADRID – Giampiero Ventura bertanggung jawab atas kekalahan Italia dari Spanyol 0-3 di Stadion Santiago Bernabeu (2/9). Pelatih 69 tahun itu tidak menyangka timnya bakal menelan hasil telak.

Meski harus diakui, Italia harus tampil di markas Spanyol pada matchday ketujuh kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa Grup G. Menurut Ventura, kekalahan itu juga bukan terkait strategi atau penampilan para pemain.

“Secara permainan, kami mampu mengimbangi mereka. Namun, harus diakui Spanyol lebih berhasil dalam memaksimalkan sejumlah peluang,” kata Ventura seperti dikutip dari La Gazzetta dello Sport.

Pernyataan eks pelatih Torino ini beralasan. WhoScored mencatat, Italia melepas delapan tembakan berbanding Spanyol (12).

Begitu juga dengan penguasaan bola (45-55). Ventura menolak anggapan para pemainnya tampil inferior di hadapan Spanyol.

“Kekalahan dari Spanyol bukan akhir dari segalanya. Kami masih memiliki peluang untuk lolos. Baik langsung atau melalui play-off. Kami akan memperbaiki hasil ini saat menjamu Israel,” Ventura, mengatakan.

Tiga hari berselang, Gli Azzurri harus mengalahkan Israel di Mapei Stadium. Gianluigi Buffon dan kawan-kawan butuh kemenangan untuk membuka peluang ke Rusia.

Saat ini Italia tertahan di peringkat dua klasemen sementara Grup G dengan 16 poin dari tujuh pertandingan. Spanyol di puncak (19 poin) diikuti Albania pada posisi tiga (12 poin), Israel (sembilan poin), Makedonia (enam poin), dan Liechtenstein (nirpoin).

Sesuai regulasi UEFA, hanya juara masing-masing grup di zona Eropa yang langsung lolos ke Piala Dunia 2018. Sementara, runner-up dari Grup A hingga I akan melakoni play-off pada 9-11 dan 12-14 November mendatang untuk memperebutkan empat tiket tersisa.

“Saya menerima segala kritik yang ada. Kami akan memperbaikinya pada tiga pertandingan sisa di kualifikasi,” ujar Ventura, optimistis.***

news
Penulis
Choirul Huda
Juventini pemilik akun twitter dan instagram @roelly87