UMUM
Begini Perkembangan Rencana Pembatasan Tim Peserta Sepak Bola Asian Games 2018
31 Agustus 2017 15:25 WIB
berita

JAKARTA - Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) sekaligus Ketua Inasgoc (Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 Jakarta-Palembang) Erick Thohir, mengungkapkan perkembangan terbaru perihal cabang olahraga sepak bola untuk pesta olahraga se-Asia tahun depan.

Erick Thohir mengatakan bila usaha pihaknya meminta Dewan Olimpiade Asia (OCA), untuk membatasi jumlah negara peserta cabor sepak bola tampaknya sulit diwujudkan. Sebagai konsekuensinya cabor sepak bola di Asian Games 2018, akan digelar lebih cepat.

Erick Thohir pun mengungkapkan proses yang telah dilalui Inasgoc dengan OCA. "Asian Games ini beda dengan Olimpiade yang pakai kualifikasi. Kalau di Asian Games tidak pakai kualifikasi," kata Erick Thohir kepada TopSkor.id.

"Tapi memang kami sudah mengusulkan kepada OCA terkait pembatasan negara peserta sepak bola di Asian Games. Dan, saat ini belum ada keputusan secara resmi. Hanya saja kelihatannya tetap tidak bisa. Pembatasan baru bisa dilakukan di Asian Games 2023," ujar Erick Thohir.

Untuk itu Erick Thohir meminta media bertanya kepada PSSI, bagaimana nanti format sepak bola Asian Games 2018 yang ideal. Mengingat jumlah stadion yang akan dipakai di Asian Games 2017 hanya lima.

Padahal dari dua penyelenggaraan Asian Games sebelumnya, saat negara peserta sepak bola tidak dibatasi, terdapat lebih dari 25 negara peserta. Dan, pertandingan sepak bola diselenggarakan di lebih 5 stadion, demi mengejar waktu penyelenggaraan selesai bersamaan dengan penutupan.

"Ya pastinya ada risiko biaya pelaksanaan untuk cabor sepak bola menjadi bengkak," kata Erick Thohir.*Ari DP

news
Penulis
Ari DP
Penggemar semua cabang olahraga. Asli Yogyakarta, KTP Sleman, tinggal di Jakarta.