LIGA SPANYOL
Villa Datang saat Spanyol Krisis di Lini Serang
31 Agustus 2017 13:38 WIB

MADRID - Akhirnya David Villa kembali ke tim nasional Spanyol, dan Sabtu (2/9) dia akan kembali tampil menghadapi Italia di Santiago Bernabeu. Kedatangannya tak pelak menjadi amunisi penting di tengah krisis La Furia Roja dalam hal kekuatan serangan.

Dalam tiga tahun tanpa Villa, Spanyol tak memiliki pengganti sepadan. Alvaro Morata sebagai penyerang tengah memang paling banyak mencetak gol, namun hanya sembilan gol dalam 21 laga atau rata-rata 0,42 persen per laga. Alhasil Morata belum menjadi pilihan tetap.           

Diego Costa sebagai penyerang lain baru mencatat enam gol dalam 12 laga dia mainkan, atau rata-rata 0,5 gol per laga. Sedangkan Paco Alcacer yang juga mencetak gol dalam 13 laga, mencatat rata-rata 0,46 gol per laga. Atau, Aritz Aduriz yang mencetak dua gol dalam 10 laga (hanya 0,2  gol per laga), atau Iago Aspas dengan satu gol dari empat laga mencatat rata-rata 0,25 gol per pertandingan. Ada penyerang tengah lain yang pernah tampil seperti Juan Miguel, Munir El Haddadi, dan  Inaki Williams, namun tak pernah mencetak gol.           

Maka itu kehadiran Villa dinilai sangat penting. “Saya selalu memiliki semangat yang sama,” Villa menanggapi, setelah sepanjang karier profesionalnya mencetak 343 gol dan menjadi pemain pertama di Amerika Serikat (MLS) yang bermain di timnas Spanyol setelah mencetak 60 gol di klub New York City. Ketika saya pergi ke sana—Liga MLS—saya mengatakan bahwa saya akan terus melakukan hal yang sama seperti biasanya. Satu-satunya yang berubah adalah di Eropa saya memainkan 60 atau 70 laga per musim dan di sana hanya 30 laga.”           

Sejauh ini, Villa pun masih tercatat sebagai pemain di urutan kedua pemain yang masih aktif dalam menciptakan gol untuk tim nasional. Dari 97 laganya bersama La Roja, dia telah menyumbang 59 gol. 

Ia hanya kalah dari Cristiano Ronaldo yang telah mencetak 75 gol dalam 143 pertandingan bersama timnas Portugal, dan Lionel Messi di belakang Villa dengan 58 gol pada 118 laga di timnas Argentina.* Zulfikar Akbar 

news
Penulis
Zulfikar Akbar
Berdomisili di Jakarta Selatan. Di dapur redaksi TopSkor dipercayakan meracik berita-berita seputar Liga Spanyol dan lintas Eropa. Follow Twitter: @zoelfick