TOP FEATURE OLIMPYC
Longboard di Slovenia Dilarang Mengerem
05 Agustus 2017 05:00 WIB
berita
Red Bull No Paws Down 2017 - TopSkor/Istimewa

Pada akhir Juli di daerah Osilnica menunjukan cuaca khas Slovenia yang hangat dan kering. Kondisi ideal untuk melakukan olahraga ekstrem, longboard. Meliuk dan melakukan akselarasi menuruni area pegunungan dengan papan beroda yang memompa adrenalin demi kepuasan tersendiri. Kali ini lebih spesial, para longboarders yang ikut serta diberikan tantangan khusus yaitu tidak boleh menggunakan tangan untuk memperlambat lajunya.

Nama acaranya Red Bull No Paws Down 2017, balapan longboard yang digagas oleh Red Bull. Pukul 10.00 waktu setempat pada 31 Juli 2017 jadi waktu dimulainya lomba pada area pegunungan di Osilnica, Slovenia. Meski terbilang gila, tidak menyurutkan antusias para longboarders. Tercatat ada 64 kontestan yang hadir di tengah kabut yang menyelimuti tempat pendaftaran. Untuk prosedur adu balap ini, peserta akan dipangkas dengan empat kali eliminasi hingga tersisa empat orang finalis.

Balapan longboard sendiri telah dilakukan selama beberapa tahun terakhir di Slovenia oleh Knk Longboard Camp Slovenia. Aturan untuk menyisihkan peserta hingga mendapat juaranya juga sama. Di event ini, longboarders tentu boleh menggunakan tangannya sebagai rem. Untuk lokasi peluncuran, tebing setinggi 14 kilometer dengan jalanan aspal berisi 14 turunan curam dan 18 tikungan di bagian selatan Slovenia, telah menjadi lokasi longboard selama bertahun-tahun. Tempat ini dijuluki dengan The Bear’s Guts.

Tanpa pakaian khusus, dalam olahraga longboard sejatinya tangan yang dilapisi sarung tangan khusus memang digunakan untuk memperlambat kecepatan di atas jalanan aspal yang curam. Tapi, di Red Bull No Paws Down, mengerem diharamkan. Para peserta lomba diberikan sebuah perekat tambahan di sarung tangannya agar bisa terlihat jika ada longboarders yang dalam balapan menggunakan tangannya. 

Jika kedapatan melakukan hal itu, maka peserta harus didiskualifikasi meski berada di urutan terdepan saat balapan. Lantas bagaimana cara memperlambat laju saat menghadapi tikungan tajam? Satu-satunya upaya yang dapat dilkukan adalah menggeser papan ke bagian samping sejauh dan sesuai cara yang longboarders bisa. Sementara, prosedur standar yang menekankan stabilitas ekstra tetap diperlukan. Meski begitu, banyak longboarders yang memiliki siasat tersendiri dalam memperlambat lajunya.

Brandon DesJarlais, Patrick Lombardi, Mirko Paolon,i dan Fionn Kraft adalah longboarders yang memberikan contoh. Mereka hanya membutuhkan empat sampai lima menit untuk menaklukkan The Bear's Guts dengan kecepatan tertinggi mencapai 85 kilometer per jam. “Tidak ada tantangan lain seperti ini di dunia, tidak ada balapan lain seperti Red Bull No Paws Down. Itulah yang membuat semuanya begitu spesial bagi kami,” ucap Dominic Schenk, pemenang Red Bull No Paws Down 2017.*Dedhi Purnomo/CR7


 

n
Penulis
nana sumarna