news
UMUM
Setelah Egy, Basna, dan Witan, Saddil Ramdani Segera Tinggalkan Tanah Air
14 February 2020 06:10 WIB
berita
Witan Sulaeman saat berkostum timnas U-19/Foto:TopSkor/Ady Sesotya
JAKARTA – Sudah jadi mimpi besar bagi pesepak bola Indonesia untuk terus melebarkan kariernya di luar negeri. Apalagi konteksnya Eropa. Terbaru ada Witan Sulaeman yang resmi bergabung ke klub kasta tertinggi Liga Serbia, FK Radnik Surdulica, beberapa hari lalu.  Ia jadi pemain Indonesia ketiga musim ini yang berkarier di luar negeri.

 “Ini salah satu impian saya, bermain di Eropa. Saya ingin jadi pemain yang membanggakan Indonesia,” kata Witan yang dikontrak 3,5 tahun di FK Radnik. Gelandang 18 tahun itu menuturkan, untuk mengharumkan nama bangsa tidak hanya dengan bergabung di timnas. Menaklukkan kompetisi luar negeri juga sesuatu yang spesial.




Baca Juga :
- Saddil Ramdani Enggan Dilabeli Pemain Bintang
- Berulah Lawan Timnas Indonesia, AFC Skorsing Pelatih Vietnam Ini 4 Pertandingan




Witan menyusul Egy Maulana Vikri yang sudah lebih dulu berpetualang di Benua Biru bersama Lechia Gdansk (Polandia) sejak 2018. Meskipun selama di sana, penyerang asal Medan itu belum bisa dibilang matang. Ia sulit mendapat kesempatan dan malah lebih sering tampil di tim muda.

Egy baru bermain tiga kali di Kompetisi Ekstralaksa dan semua sebagai pengganti. Namun menurut pengamat sepak bola, Eko Noer Kristiyanto, melihat usia Egy yang masih belia, peluang untuk bersinar di Polandia masih sangat besar. “Saya lihat kans Egy maupun Witan terbuka untuk menaklukkan Eropa. Asalkan, mereka jangan cepat puas,” kata Eko.


Baca Juga :
- Timnas Indonesia Hadapi Thailand dan UEA, Shin Tae Yong Panggil 34 Pemain
- Saddil Ramdani Diperebutkan Tiga Klub Belgia


Satu pemain lainnya yang juga berkarier di luar negeri musim ini adalah Rudolof Yanto Basna. Konteksnya memang lebih kecil yakni di Asia. Namun bek 24 tahun ini telah membuktikan eksistensinya sejak meninggalkan Tanah Air pada 2018. Kali ini ia membela PT Pranchuap FC, setelah sempat memperkuat Sukhotai FC dan Kon Kaen FC (semua Thailand).

Sejatinya dari masa ke masa terus ada pemain Indonesia yang merajut asa untuk menaklukkan kompetisi luar negeri. Dan, Witan tentunya bukanlah yang terakhir. Setidaknya kans terbesar untuk menyusul ke luar negeri ada pada diri Saddil Ramdani.

Winger yang baru dikontrak Bhayangkara FC ini sebelumnya memang ramai diisukan bakal berlabuh ke Eropa. Apalagi Saddil kini ditangani agen sekelas Dusan Bogdanovic  yang sudah mengorbitkan Egy dan Witan ke Eropa.

”Itu masih bisa terjadi. Saya sangat yakin karena kualitas dan mental Saddil memenuhi persyaratan. Dia juga bilang kepada saya sangat ingin bermain di Eropa, di tengah banyaknya tawaran dari klub-klub lokal,” ujar Bogdanovic.

Lebih lanjut Bogdanovic menuturkan masih ada beberapa proses untuk Saddil agar siap berkarier di Eropa. “Yang jelas semua sedang kami bereskan agar cita-citanya terpenuhi, seperti penguasaan bahasa. Karena itu pula, Saddil hanya dikontrak semusim di Bhayangkara FC,” Bogdanovic menjelaskan.

Di sisi lain, ada pula pemain Indonesia yang malah pulang setelah berkarier di luar negeri akhir-akhir ini. Sebut saja Ezra Walian dan Victor Igbonefo. Ezra yang bergabung dengan PSM Makassar sejak pertengahan musim 2019 sebelumnya membela RKC Waalwijk pada kompetisi Eerstedivisie (kasta kedua Belanda).

Sedangkan Igbonefo yang musim ini memperkuat Persib Bandung sebelumnya bergabung dengan PTT Rayong pada kompetisi Thai League 1 (kasta tertinggi Thailand). Faktor kenyamanan khas Indonesialah yang membuat mereka kembali berkiprah di Tanah Air.

“Saya kembali karena rencana Tuhan. Saya senang berada di sini karena kondisinya seperti keluarga dan sudah banyak yang kenal. Suasananya sangat bagus,” kata Igbonefo, yang pernah memperkuat lima klub Thailand sepanjang 2012-2019. Untuk Ezra, kontraknya di klub lamanya memang sudah habis dan PSM mengikatnya dengan masa kerja 3,5 tahun.*Taufani Rahmanda

loading...
news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news