LIGA 1
Persija dalam Asuhan Julio Mulai Merancang Masa Depan
17 June 2019 11:55 WIB
berita
Sandi Darma Sute Disanksi Larangan Dua Pertandingan - TopSkor/Ady Sesotya
JAKARTA – Potensi pemain muda Persija sejatinya cukup menjanjikan. Keberhasilan Persija U-20 menaklukkan Ismed Sofyan dan kawan-kawan pada Jumat (14/6) lalu, lewat skor 1-0, tak sepenuhnya karena faktor kebetulan atau hanya keberuntungan.

Skuat Persija U-20 asuhan Sudirman, memang diisi pemain-pemain muda potensial. Karenanya, musim ini Sudirman mempertahankan sekitar 90 persen skuat yang menjadi runner-up Liga 1 U-19 2018 tersebut. Beberapa nama bahkan dipromosikan ke skuat utama musim ini.


Baca Juga :
- Reaksi Pelatih Persija Atas Kekalahan dari Tira Kabo
- Saatnya Penonton Respek Kalau Ada Pemain Cedera




Pemain yang dimaksud adalah Al Hamra Hehanussa, Mario Nur Cahyo, dan kiper Muhammad Risky Sudirman. Nama terakhir menjadi pemain paling muda, yakni 16 tahun. Risky bahkan baru saja pulang dari Birmingham, Inggris, menjalani pelatihan dalam Garuda Select bentukan PSSI.

Kualitas Al Hamra sebagai bek tengah, juga mendapat perhatian serius dari pelatih baru Persija Julio Banuelos Saez. Bahkan, bek senior Maman Abdurahman mengatakan, adik kandung Rezaldi Hehanussa tersebut punya potensi menjadi bek masa depan Indonesia. Itu, jika Al Hamra berlatih keras dan disiplin.


Baca Juga :
- Sensasi Pemain Persib Tandang Hadapi Persija di GBK
- Tonton Persija Vs Persib, Komjen Iriawan Janji Damaikan Suporter


“Saya melihat Hamra sejak musim lalu hingga sekarang rutin di tim utama, merupakan satu dari sekian pemain muda yang punya progres positif. Dia bisa melengkapi lini belakang Persija, dan tinggal menunggu kesempatan datang. Saya harap dia terus meningkatkan kaulitas diri,” kata Maman.

Pemain muda lainnya yang mungkin bisa menjadi senjata alternatif Julio adalah Taufik Hidayat dan Feby Eka Putra. Keduanya memiliki posisi sama sebagai penyerang sayap. Taufik Hidayat yang memulai kariernya dalam Diklat Persib, merupakan pencetak gol ke gawang Persija senior, dalam laga uji coba Jumat (14/6) lalu.

Sedangkan Feby, perlahan tapi pasti mulai kembali menemukan kepercayaan dirinya. Itu setelah dia tampil baik bersama timnas Indonesia U-23, dalam laga uji coba. Sayangnya, Feby sering keluar masuk lapangan akibat cedera kambuhan. Situasi inilah yang harus bisa diatasi dengan baik dan benar.

Strategi perekrutan pemain muda Persija musim ini, bisa dibilang cerdik. Selain Taufik Hidayat yang didatangkan dari Sriwijaya FC, eks timnas U-19 Resky Fandi Witriawan, merupakan pembelian jeli. Kabarnya, Resky merupakan rekomendasi dari pelatih Indra Sjafri. Ada pula yang menyebutkan, ini naluri dari Ferry Paulus, CEO Persija.

Teranyar, dua kakak beradik Brian Fatari dan Braif Fatari, semakin membuat skuat Persija lebih segar. Braif, yang juga jebolan Garuda Select, saat ini belum genap berusia 17  tahun. Meski begitu, anak Papua ini didaftarkan sebagai salah satu dari tujuh pemain U-23 untuk Liga 1 2019.

“Saya pikir, tim pelatih sejauh ini sudah melakukan pekerjaan yang sangat bagus tentang metodologi pelatihan. Dan tentang Persija untuk masa depan,” kata asisten pelatih Persija Eduardo Perez. “Kami sudah melakukan kerja keras selama tiga minggu, dan berharap bisa memberikan yang terbaik buat klub ini.”

Sanksi Komdis

Sementara itu, Persija mendapat sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Sanksi ini dipublikasi pada Minggu (16/6) sore. Sedangkan sidang Komdis sudah dilaksanakan pada Jumat (14/6) lalu. Hasil sidang itu menetapkan, gelandang Sandi Darma Sute larangan bertandingan dua kali.

Tak hanya itu, Sandi juga didenda Rp10 juta. Hukuman ini ditimpakan, karena Sandi kedapatan menginjak pemain Barito Putera dengan sengaja, dalam laga di Stadion 17 Mei. Persija juga didenda Rp50 juta. Hukuman ini diberikan karena fan Persija saling lempar dengan fan PSIS dalam laga di Stadion Moch Soebroto.*** Furqon Al Fauzi 

news
Penulis
Abdul Susila
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.
news